Sate Aceh yang BEDA dari Sate Biasanya

5 comments 1592 views

Sate merupakan olahan daging, ayam ataupun kambing yang dimakan berbarengan dengan ketupat ataupun lontong dengan kuah siram kacang ataupun bumbu sate dengan campuran kanji berwarna kuning kemerahan. Sate selalu diidentikkan dengan AJO alias orang minang kabau karena merupakan kuliner khas orang minang. Ternyata, di daerah Banda Serambi Aceh memiliki sate khas yang tak kalah endesnya dibandingkan dengan sate minang. Apa sih yang membedakan antara sate padang dan sate aceh?

HalalMedan.com akan memberikan sedikit review sensasi sate ala aceh ini. Awalnya saya pun merasa semua sate itu sama, yaitu dimakan bersama dengan lontong ataupun ketupat, tapi ternyata Sate Aceh Cek Mun Matang di Jalan Sunggal (depan terminal bus Pelangi) punya cara unik dalam penyajiannya. Penjualnya memberikan kami seporsi nasi, 10 tusuk satu daging sapi dan kuah soto yang khas dengan rempah Aceh. Tidak lupa juga dengan olahan sambelnya, jujur ini kali pertama kami mencoba menikmati sate aceh, jadi wajar saja jika kami belum paham teknik menikmati sate aceh dengan benar.

Karena penasaran, kami pun menanyakan langsung kepada penjual bagaimana cara menikmatinya dan benar saja rasanya enak banget, bener-bener sensasi makan sate yang baru bagi kami.

Buat Anda yang pengen menikmati Sate Aceh ini berikut tips cara meracik sate Aceh dengan benar. Campurkan sambel dengan kuah soto, lalu berikan sedikit air perasan jeruk nipis dan aduk sampai rata. Selanjutnya kuah sate kacang dicampur ke dalam nasi dan terakhir disiram dengan kuah soto yang sudah di racik tadi, begitu masuk kedalam mulut semuanya bersatu dan menjadi satu kesatuan yang sempurna di lidah. Gak percaya? Coba aja!

Ada rasa sensasi gurih dari kuah sate, segar dan pedas dari kuah soto yang ditambah air perasan jeruk nipis semua menyatu dan memberikan sensasi luar biasa nikmatnya, belum lagi daging dari satenya yang sangat lembut dan jauh dari kata alot dimana sering ditemukan sate dengan daging yang alot. Awalnya kami berpikir, kami tidak akan bisa menghabiskan seporsi nasi yang banyak ini, namun setelah mencoba, rasanya sepiring nasi ini juga belum cukup memuaskan kami.

Daging dari satenya pun dapat dipilih sesuai selera, ada rempelo, daging sapi dan juga ayam. Dengan harga seporsinya hanya Rp 35.000 anda sudah merasakan sensasi makan sate yang berbeda dan enak pula. Beli sate dapat 3 porsi sekaligus (sate+soto+nasi) hanya ada di Sate Aceh Cek Mun Mateng.

Oya, selain penjualnya, pembeli yang makan disini pun rata-rata juga orang aceh, mereka umumnya adalah orang aceh yang sedang menunggu bus dari dan menuju aceh, jadi dapat dipastikan tempat makan sederhana ini sangat ramai dengan pembeli. Selain sate Aceh, ditempat ini juga bisa Anda temukan nasi goreng, martabak telur dan mie aceh yang gak kalah endes dari tempat mie aceh langganan Anda.Makan enak dan halal, hanya di HalalMedan.com