Konsultasikan Alergi Susu Bayi Pada Dokter Agar Cepat Teratasi

Alergi Susu Bayi

Alergi terhadap susu formula yang dikonsumsi banyak dialami oleh bayi yang tidak mendapat ASI eksklusif. Hal ini karena banyak bayi yang tidak cocok dengan kandungan susu formula sehingga pencernaannya yang belum kuat untuk mencerna susu dan zat asing masuk ke dalam perutnya kemudian di muntahkan kembali. Sehingga anak yang tidak cocok ketika diberikan susu formula pertama kali akan lebih baik untuk konsultasikan alergi mencari tahu penyebab dan solusi alergi pada bayi.

Ada banyak susu formula untuk bayi yang dapat dibedakan dari bahan dasar yang digunakannya. Susu formula yang biasanya tersedia dan dapat dipilih untuk diberikan pada bayi yang pertama adalah yang berasal dari protein hewani yaitu susu sapi. Susu ini merupakan susu umum yang banyak diproduksi oleh banyak merk dan dapat diberikan kepada bayi yang normal dan tidak mempunyai alergi susu yang terbuat dari bahan protein hewani.

Jenis susu kedua adalah yang berasal dari susu protein nabati yaitu bahan kedelai. Susu ini sangat cocok untuk bayi yang mempunyai alergi terhadap bahan susu sapi. Contoh jenis produk susu ini adalah susu formula Susu SGM Soya yang terbuat dari bahan protein nabati dan sangat cocok untuk alternatif susu formula bagi yang alergi terhadap susu sapi. Tetapi pemberian susu jenis ini sendiri sangat tidak dianjurkan untuk bayi normal yang belum dicek kadar alergi nya. Karena belum tentu anak yang alergi terdapat susu sapi dapat diberikan susu kedelai.

Oleh sebab itu konsultasikan kepada dokter alergi anak susu bayi terhadap dokter anak untuk menentukan alergi yang diderita oleh anak. Karena ada anak yang juga alergi terhadap susu yang berbahan dasar protein dan juga protein nabati. Sehingga perlu diberikan susu khusus yaitu jenis susu formula dengan bahan hidrolisa protein yang merupakan susu yang tidak berbahan dasar dari protein nabati dan protein hewani. Susu ini menjadi salah satu alternatif untuk dapat mengurangi gejala alergi susu pada bayi.