Rasakan Sensasi Mendaki Gunung Tanpa Tenda di Kinabalu

No comment 176 views

Sejak film 5 cm yang dibintang Pevita Pearce, Raline Shah, Fedi Nuril, Herjunot Ali, Igor ‘Saykoji’, dan Denny Sumargo rilis,  mendaki gunung seolah menjadi pilihan yang menarik bagi para traveler. Maklum saja, dalam film karya Rizal Mantovani tersebut, mendaki gunung digambarkan sebagai kegiatan yang asik, menawarkan pemandangan yang indah, menciptakan persahabatan yang erat, sampai memberikan tantangan yang menarik. Pada kenyataannya, memang seperti itulah pengalaman yang bisa diperoleh para pendaki.

Gunung Kinabalu
Selama mendaki gunung, biasanya para pendaki selalu membawa tenda untuk berlindung dari dinginnya malam, derasnya hujan, hembusan angin, dan tentunya untuk tidur. Tanpa tenda, akan banyak bahaya yang menghampiri para pendaki seperti hipotermia sampai kehadiran binatang buas. Itu artinya, tenda jadi perlengkapan yang sangat penting dalam setiap pendakian.

Tapi tenda bukanlah sebuah benda yang ringan. Untuk membawanya, dibutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Biasanya, solusi agar pendaki tidak perlu repot membawa tenda sendiri adalah dengan menyewa jasa porter yang berguna juga untuk membawakan kebutuhan logistik, menjadi pemandu perjalanan, serta menyiapkan makanan dan minuman untuk para pendaki.

Kalau kamu tidak mau repot membawa tenda dan menyewa porter, tapi tetap ingin mendaki gunung, datang saja ke Kota Kinabalu (KK) yang terletak di pulau Kalimantan. Di kota yang termasuk ke dalam wilayah Sabah, Malaysia ini, menjulang satu gunung setinggi 4.095 meter di atas permukaan laut (Mdpl) yang bernama gunung Kinabalu.

Di gunung ini, tenda sama sekali tidak diperlukan. Jadi kamu tidak perlu repot membawanya. Hal ini karena di Kinabalu berlaku larangan untuk memasang tenda di seluruh jalur pendakian. Tujuannya agar gunung Kinabalu tetap bersih dari sampah.

Untuk keperluan beristirahat dan tempat berlindung dari cuaca gunung yang ganas, tersedia penginapan yang berdiri di ketinggian 3.000 mdpl bernama Laban Rata Resthouse. Penginapan ini jadi salah satu syarat agar pedaki bisa mendapat ijin untuk melakukan pendakian. Jika kamu belum memsan kamar di penginapan ini sejak jauh-jauh hari, jangan harap para pengelola Kinabalu yang bernama Sutera Sanctuary Lodge (SSL) akan memberika ijin. Penginapan ini biasanya ditempati para pendaki untuk beristirahat sebelum melakukan summit attack menuju puncak Kinabalu yang disebut Low’s Peak.

Gunung Kinabalu
Pemandangan dari Laban Rata Resthouse sangatlah indah. Di sini, kamu sudah bisa merasakan sensasi berdiri di atas awan. Di belakang penginapan, puncak Kinabalu pun sudah terlihat dengan megahnya.

Fasilitas yang tersedia di Laban Rata juga cukup mewah. Kasurnya nyawan, kamarnya cukup hangat, dan suasananya menyenangkan. Di Laban Rata Resthouse, para pendaki dari berbagai negara bisa saling berkenalan saat jam makan. Rasa dan kualitas makanan pun sangat terjaga. Disini, makanan tersebut disajikan secara prasanan sehingga para pendaki bisa memilih sendiri makanan favoritnya. Jadi, penginapan ini sangat cocok buat kamu yang ingin mendaki gunung tapi ingin tetap bisa merasakan suasana rumah yang hangat.

Pendakian yang mudah namun melelahkan

Untuk mendaki Kinabalu, kamu harus terlebih dulu memesan tiket, kamar di Laban Rata Resthouse, serta menyewa guide melalui SSL. Uang yang kamu bayarkan untuk membeli tiket akan diganti dengan jaminan keamanan dan keselamatan, makanan pengantar pendakian, serta Id Card. Kalau kamu ingin mendapatkan sertifikat pendakian, kamu tinggal mendaftarkan namamu dengan membayar biaya tambahan.

Di Kinabalu ada dua jalur resmi yang dibuka oleh SSL, yaitu melalui jalur Mesilau dan Timpohon. Kedua jalur ini akan saling bertemu di Laban Rata Resthouse. Jalur Timpohon adalah yang paling banyak dilalui karena jalur ini lebih pendek dan cukup ramah untuk didaki, terutama bagi para pendaki pemula.

Dari Timpohon, kamu tidak akan benar-benar mendaki setinggi 4.095 mdpl karena jalur ini dimulai dari ketinggian sekitar 1.800 mdpl. Di kilometer pertama, jalur landai dengan pemandangan pegunungan yang indah akan menjadi pengantar perjalanan. Selanjutnya, kamu sudah harus melewati jalur yang menanjak sejauh 3km. Tak perlu khawatir, di jalur menanjak ini, sudah tersusun tangga yang cukup rapi dari tanah dan bebatuan. Anak tangga yang lebih menanjak dan tidak tersusun rapi pun akan menjadi pijakan selanjutnya sejauh 6km sampai diketinggian 3.000 mdpl.

Disinilah Laban Lata Resthouse berdiri. Kamu pun bisa beristirahat sampai sekitar pukul 01.00-02.00 waktu setempat. Pastikan kamu memanfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin karena selanjutnya, pendakian yang lebih melelahkan dengan cuaca malam yang dingin akan kamu hadapi untuk melakukan summit attack ke Low’s Peak atau puncak Kinabalu.

Mulai saat itu, tak ada lagi anak tangga yang bisa dipakai untuk berpijak. Jalur menuju puncak merupakan bebatuan terjal dengan kemiringan yang cukup ekstrim. Untuk melaluinya, kamu harus berjalan perlahan sambil memegang tali yang sudah dipasang pihak SSL. Jika sampai terjatuh, kematianlah resikonya. Pendaki yang tidak memiliki nyali cukup biasanya akan memilih untuk kembali ke Laban Rata Resthouse daripada melanjutkan pendakian. Tapi tenang saja, tali-tali tersebut sudah teruji ketahannanya. Para pemandu pun akan setia membantu kamu menuju puncak dan kembali dengan selamat.

Gunung Kinabalu
Setelah sampai di puncak, rasa lelah dan takut saat perjalan pun terganti dengan rasa takjub akan keindahan pemandangan di sekitar. Samudra awan terhampar luas mengitari gunung. Saat cuaca cerah, Laut China Selatan di utara pun akan terlihat. Semua akan semakin indah seiring terbitnya matahari.

Gunung Kinabalu
Kalau kamu tertarik mencoba pengalaman mendaki gunung setinggi lebih dari 4.000 mdpl, merasakan suasana hangat di dalam penginapan yang dibangun diketinggian 3.000 mdpl, dan merasakan hidangannya yang nikmat, segera atur jadwal liburan ke Kinabalu bersama temanmu. Jangan lupa untuk memesan tiket masuk dan kamar di Kinabalu sebagai syarat pendakian. Terakhir, pesan tiket online dari sekarang. Dapatkan harga tiket pesawat murah di Reservasi.com.