Ini Triknya Agar Nasi Kuning Bisa Awet Lebih Lama

No comment 110 views

Nasi Kuning
Sumber: http://dapursolo.com/nasikotak/
Nasi kuning adalah sajian nikmat sederhana tapi punya makna yang dalam dan mengandung nilai luhur yang dianut masyarakat Indonesia. Oleh karena itu sajian ini kerap disajikan untuk berbagai macam perayaan baik dalam bentuk tumpeng maupun bentuk biasa seperti nasi putih pada umumnya. Rasanya gurih dengan berbagai macam pilihan lauk yang menambah kelezatannya membuat nasi kuning bisa jadi sajian acara sosial yang menyenangkan semua orang, misalnya saat perayaan hari besar dan Anda mengadakan acara open house. Tetapi karena dibuat dengan menggunakan bahan santan untuk rasa gurihnya, nasi kuning cenderung lebih cepat basi ketimbang sajian nasi putih biasa. bagaimana caranya agar nasi kuning Anda bisa awet lebih lama?

  1. Agar nasi kuning bisa bertahan lebih lama, Anda bisa memasak nasinya dua kali. Yang pertama adalah mengukus atau memasak nasi hingga setengah matang. Kemudian setelah itu diaron bersama dengan bumbu rempah-rempah. Diaron adalah menyiram makanan yang setengah matang dengan menggunakan air mendidih tanpa menggunakan api. Aduk-aduk nasi yang diaron dengan bumbu daun pandan, kunyit, cengkeh, garam, dan daun jeruk. Setelah air yang digunakan untuk mengaron mengering, baru masak lagi nasi hingga matang.
  2. Ada baiknya Anda menyimpan nasi yang sudah diaron baru kemudian dimatangkan ketika sudah tiba saatnya untuk jamuan. Sehingga nasi yang dihidangkan rasanya masih gurih dan juga hangat.
  3. Memang lebih praktis menggunakan santan instan untuk membuat nasi kuning. Tapi santan instan yang Anda gunakan hari ini belum tentu dibuat kemarin sehingga sudah berusia lama meski dalam kemasan yang tertutup. Oleh karena itu agar nasi kuning tetap awet, gunakan santan segar dari kelapa asli yang diperas sarinya pada hari yang sama saat akan membuat nasi kuning.
  4. Jika saat acara sudah selesai tapi masih ada nasi kuning yang tersisa, simpan dalam wadah kedap udara kemudian masukkan ke dalam kulkas. Anda bisa menghangatkannya kembali dengan cara dikukus ketika mau disantap. Itulah dia beberapa trik sederhana yang bisa menjaga kelezatan nasi kuning buatan Anda agar bisa dinikmati lebih lama, selamat mencoba!