Manfaat Lain Ampas Kopi

No comment 273 views

Manfaat Lain Ampas Kopi

Meminum kopi sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia sejak dahulu. Bahkan kini variasi minuman dari bahan dasar kopi sudah sangat beragam jenisnya.  Mulai dari kopi tubruk, espresso, cappucino serta masih banyak jenis minuman kopi lainnya yang tentunya sudah memiliki penikmatnya tersendiri. Semua itu lantaran kopi memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, sehingga trend minum kopi terus berkembang dari masa ke masa.

Anda penikmat kopi ala rumahan? Jika iya, tentu Anda sudah kenal betul dengan ampas kopi bukan! Kebanyakan orang masih menganggap bahwa ampas kopi adalah sebuah sampah yang tidak memiliki manfaat lagi. Padahal sebenarnya ampas kopi punya banyak sekali manfaat. Nah, Anda ingin tau apa saja manfaat lain dari ampas kopi? Berikut beberapa manfaat ampas kopi yang akan membuat Anda berfikir ulang untuk langsung membuang ampas kopi ke tempat sampah.

  1. Menghilangkan minyak pada rambut

Pernah bermasalah dengan rambut berminyak? Ampas kopi bisa membantu Anda untuk menyingkirkan minyak dengan sangat mudah loh. Cara penggunaannya sangat mudah, ambil sejumput ampas kopi lalu baluri secara merata ke seluruh bagian rambut Anda. Diamkan selama 5 menit lalu bilas hingga bersih. Selain itu ampas kopi juga akan membuat rambut Anda lebih lembut dan dan tampak bersinar.

  1. Menghilangkan bau amis pada Ikan

Untuk menciptakan masakan berbahan dasar ikan yang sedap, tentunya Anda membutuhkan bahan penyedap makanan tambahan seperti Sasa atau yang lainnya. Namun semua itu tentu tidak ada artinya jika bahan masakan (ikan) yang digunakan masih menyisahkan bau amis tak sedap. Yang ada justru akan menjadikan masakan Anda menjadi aneh dan tidak enak untuk dimakan. Nah, untuk mensiasatinya Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya, campurkan sedikit ampas kopi dengan air lalu celupkan ikan pada ampas kopi tadi hingga terendam. Lalu angkat dan cuci bersih ikan dengan alir mengalir. Dan seketika bau amis ikan pun akan hilang.

  1. Membersihkan peralatan makan

Siapa sangka jika ampas kopi juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan makan yang terkena noda membandel seperti minyak. Ampas kopi yang mengandung butiran kasar ini dapat mengikis lemak pada peralatan makan Anda. Cara gunakannya juga sangat mudah, siapkan beberapa sendok ampas kopi dan gunakan spons untuk menggosok ampas kopi ke peralatan makan yang ingin dibersihkan. Lalu bilas dengan air dan peralatan makan Anda pun akan kembali bersih. Oia.. ampas kopi juga mengandung bahan antiseptic yang berguna untuk membunuh kuman penyakit yang ada pada peralatan makan loh. Hebat bangetkan!