5 Tips Hemat Belanja Perlengkapan Bayi

No comment 259 views

Menjelang lahirnya si buah hati, ibu hamil biasanya sibuk mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk anaknya kelak. Berbeda dengan jenis perlengkapan lainnya, perlengkapan bayi hanya dipersiapkan sekali saja dalam beberapa tahun pernikahan. Jadi biasanya ibu-ibu hamil, khususnya saat kelahiran anak pertama, akan merasa bingung harus membeli perlengkapan bayi yang mana saja. Saat shopping di mall, biasanya ibu-ibu hamil sering khilaf dengan membeli banyak sekali perlengkapan bayi. Alhasil, kebanyakan perlengkapan yang dibeli tidak terpakai pada saat si anak sudah lahir. Jadi bagaimana solusinya? Nah berikut ini kami akan membahas 5 tips hemat belanja perlengkapan bayi agar pengeluaran tidak membengkak.

Belanja Perlengkapan Bayi  

  1. Buat Daftar Belanjaan Dengan Detail

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan ibu hamil yaitu langsung belanja perlengkapan bayi tanpa membawa daftar belanjaan. Agar kamu terhindar dari over-budget ataupun kebingungan saat sedang belanja perlengkapan bayi, maka buatlah daftar belanjan sedari jauh hari, idealnya 5 bulan sebelum kelahiran. Beberapa kategori perlengkapan yang harus kamu catat yaitu pakaian bayi, perlengkapan mandi, kebutuhan menyusui, furnitur ruangan bayi, dan lainnya. Tulis satu persatu berbagai perlengkapan yang akan kamu beli dengan detail. Jangan sampai kamu terlalu terburu-buru saat merencanakan daftar belanjaan ini. Persiapkan dengan matang, sehingga kamu ‘pun menjadi lebih rileks saat shopping perlengkapan bayi di pasaran.

  1. Tentukan Kuantitasnya

Setelah kamu mencatat berbagai perlengkapan bayi, maka kamu ‘pun mesti menentukan kuantitasnya setepat mungkin agar pengeluaranmu tidak terlalu membengkak. Berbeda dengan orang dewasa, bayi sangat sering ganti pakaian, jadi kamu harus menentukan kuantitas yang paling tepat. Misalnya kamu mengira-ngira bahwa dalam sehari, si anak akan ganti pakaian selama 3 kali, maka kamu mesti membeli sekitar 21 potong pakaian yang bisa digunakan selama seminggu penuh. Tak hanya pakaian, kamu ‘pun mesti menentukan kuantitas perlengkapan lainnya seperti kebutuhan susu, furnitur, perlengkapan mandi, dan lainnya.

  1. Tentukan Harganya

Setelah kamu menentukan kuantitas perlengkapan bayi, maka kamu ‘pun mesti menentukan harga setiap itemnya. Jangan main shopping aja, kamu mesti tahu dulu harga setiap itemnya. Cara terbaik melihat informasi harga perlengkapan bayi yaitu dengan browsing lewat mesin pencari. Coba kamu masukan kata kunci tertentu, misalnya sepeti ‘harga pakaian bayi’, maka akan muncul informasi harga yang kamu butuhkan. Agar menghemat budget, sebaiknya cari produk perlengkapan bayi yang harganya tidak terlalu mahal namun kualitasnya premium. Nah untuk menemukan informasi harga yang lebih detail, sebaiknya cari review-review konsumen yang telah menggunakan produk perlengkapan bayi tertentu. Coba kamu baca dengan saksama hingga kamu menemukan produk perlengkapan bayi yang kamu butuhkan.

  1. Temukan Produk dengan Diskon

Ketika kamu browsing perlengkapan bayi di internet, sebaiknya jangan hanya fokus pada barang apa yang ingin kamu beli, melainkan juga fokus pada produk-produk yang dilabeli diskon. Berbeda dengan toko offline, kamu bisa menemukan banyak sekali marketplace yang menawarkan promo produk dengan harga yang sangat murah.  Salah satu toko online yang menawarkan banya sekali produk perlengkapan bayi dengan diskon yaitu Orami Bilna. Toko perlengkapan bayi Orami Bilna ini sering sekali menawarkan diskon dengan presentase yang sangat menggiurkan. Bahkan di hari-hari tertentu, Orami Bilna menawarkan diskon dengan presentase yang tak bisa kamu tolak lagi. Apapun perlengkapan bayi yang kamu butuhkan, kamu bisa menemukannya lewat Orami Bilna, jadi langsung saja kunjungi situsnya ya.

  1. Perhatikan Ukurannya

Ketika membeli perlengkapan bayi, kamu ‘pun mesti lebih aware mengenai ukurannya. Banyak sekali ibu-ibu diluar sana yang harus keluar budget lebih banyak karena membeli pakaian bayi dengan ukuran pas. Sebaiknya jangan membeli pakaian bayi dengan ukuran pas, belilah pakaian bayi yang ukurannya agak besar agar nanti setelah si anak sudah lumayan besar, kamu tak perlu lagi membeli pakaian pengganti.

Membeli perlengkapan bayi sepintas memang terlihat mudah. Namun faktanya, kebanyakan ibu hamil mengalami kebingungan saat akan membeli perlengkapan bayi di pasaran. Jadi bagi ibu hamil, sebaiknya perbanyak informasi dan persiapkan dari jauh hari.