Tanda-Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Ban Mobil Harus Segera Diganti

Premi Asuransi Mobil

 

Keselamatan berkendara merupakan hal penting yang harus selalu Anda perhatikan. Anda tentu tidak akan terlalu khawatir jika sudah memiliki asuransi mobil untuk kendaraan kesayangan. Premi asuransi mobil kini semakin variatif dan tidak akan membebani kondisi keuangan Anda. Anda bisa memesan asuransi melalui Futuready secara mudah. Karena supermarket asuransi terpercaya yang satu ini memiliki pilihan asuransi yang lengkap dan berkualitas.

Walaupun sudah memiliki asuransi mobil, bukan berarti Anda boleh mengabaikan kondisi mobil Anda. Setiap komponen mobil harus diperiksa secara cermat untuk meminimalkan risiko kecelakaan. Salah satu komponen yang tidak boleh diabaikan adalah ban mobil.

Inilah Tanda-Tanda Ban Mobil Harus Diganti

Sama seperti komponen mobil lainnya, ban mobil juga harus diganti ketika sudah menunjukkan tanda-tanda penurunan kualitas. Ban yang sudah tidak layak pakai biasanya memiliki tapak yang tipis, ada benjolan pada sisi tertentu, karet sudah getas, dan ada bekas sobek di bagian sisinya. Selain itu, ban yang sudah sering ditambal juga sebaiknya lekas diganti. Karena bekas tambalan tersebut bisa pecah secara tiba-tiba dan membahayakan keselamatan perjalanan.  

Merawat Ban Mobil Sebenarnya Tidak Sulit

Anda tidak harus memiliki keahlian khusus untuk merawat ban mobil. Beberapa pemeriksaan sederhana ini bisa membuat ban mobil Anda lebih tahan lama ketika digunakan:

Perhatikan Tekanan Anginnya

Setiap ban memiliki standar tekanan angin yang berbeda-beda, termasuk ban depan dan ban belakang. Jadi, sebaiknya Anda memeriksa tekanan angin pada ban mobil secara berkala. Sehingga Anda bisa lekas menambahkan tekanan ban untuk mendukung performa mobil.

Selalu Melakukan Balancing dan Spooring

Jangan mengabaikan balancing dan spooring. Kedua proses tersebut sangat penting untuk menjaga keseimbangan ban mobil. Sehingga mobil akan lebih mudah dikendalikan karena posisi ban selalu seimbang.

Membersihkan Ban dengan Sabun

Ban mobil yang bersih tentu tidak akan mudah bocor atau getas. Siapkan sikat berbulu halus dan sabun untuk membersihkan ban secara berkala. Terutama setelah Anda melewati daerah genangan air yang kotor.

Terbukti kan kalau merawat ban mobil tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Sebagai pemilik mobil yang cerdas, pastikan Anda senantiasa telaten merawat ban mobil kesayangan. Berkendara akan lebih aman dan menyenangkan bila ban mobil Anda selalu dalam keadaan baik.