Berlibur ke Lombok? Ini 5 Tempat Wisata Kuliner yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Tempat Wisata Kuliner Lombok Pilihan Airy Rooms

(sumber : travel.kompas.com)

Selain memiliki deretan tempat wisata dengan pemandangan yang mengagumkan, Lombok juga menyimpan beragam kuliner dengan cita rasa yang menggoda. Karenanya, belum lengkap rasanya jika Anda berlibur ke Lombok tanpa mencicipi makanan khasnya. Nah, sebagai referensi saat Anda berkunjung ke Lombok, berikut adalah 5 tempat wisata kuliner yang cukup populer dan banyak direkomendasikan oleh para pecinta kuliner.

  1. Warung Santai Rembiga Utama

Salah satu kuliner khas Lombok yang sudah sangat terkenal adalah sate rembiga. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang kemudian disiram dengan bumbu khas Suku Sasak yang memiliki rasa gurih bercampur manis dan pedas. Di Lombok, salah satu rumah makan yang bisa Anda kunjungi untuk merasakan kelezatan Sate Rembiga adalah Warung Satai Rembiga Utama. Lokasinya terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 5, Rembiga, Mataram.

  1. Rumah Makan Dua Em Bersaudara

Menu andalan yang disajikan rumah makan ini adalah plecing kangkung. Plecing kangkung terbuat dari kangkung yang direbus dan ditambahkan dengan sambal tomat pedas. Kenikmatan utama dari kuliner khas Lombok ini terletak pada sambal tomatnya yang terbuat dari campuran cabai rawit, tomat, garam, serta terasi khas Lombok. Tak hanya itu saja, kangkung yang digunakan untuk membuat plecing kangkung ini juga sangat khas, yakni memiliki tekstur yang lembut dan tidak terasa alot meskipun Anda makan hingga bagian batangnya.

  1. Sate Bulayag Suranadi

Sate bulayag adalah sajian kuliner khas dari Lombok Barat. Sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok dan disajikan bersama bulayag, sejenis lontong berbentuk memanjang yang dibungkus dengan daun aren. Salah satu tempat yang bisa Anda datangi jika ingin mencicipi sate bulayag adalah di Taman Suranadi, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Selain sate yang terbuat dari irisan daging sapi, di sana Anda juga bisa memilih sate yang berbahan dasar daging ayam ataupun usus sapi. Puas menikmati sate yang nikmat, Anda bisa menyegarkan diri di kolam sambil menikmati udara sejuk di kawasan Taman Suranadi.

  1. Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama

Ayam taliwang merupakan salah satu sajian kuliner khas Lombok yang sudah sangat terkenal. Hidangan ini terbuat dari ayam utuh atau potongan yang diberi bumbu rempah pedas dan dimasak dengan cara dibakar atau digoreng. Di Lombok, salah satu restoran yang terkenal dengan hidangan ayam taliwangnya adalah Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama. Selain menyajikan ayam taliwang bakar dan goreng, restoran yang berlokasi di Jalan Ade Irma Suryani No. 10 Cakranegara, Mataram tersebut juga menyajikan aneka menu khas Lombok lainnya seperti plecing kangkung, sate pusut, bebalung taliwang, dan lain sebagainya.

  1. Iga Sapi Bebalung Mataram

Bebalung adalah menu wajib yang selalu dihidangkan pada acara hajatan masyarakat Lombok. Makanan ini terbuat dari tulang iga sapi yang dimasak dengan racikan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, lengkuas, kunyit, serta jahe. Jika ingin mencicipinya, salah satu tempat makan yang cukup populer dan sangat direkomendasikan adalah Depot Kelebet. Lokasinya berada di Jalan HOS Cokroaminoto Mataram, tepat di belakang kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Itulah beberapa sajian kuliner khas yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Lombok. Untuk mencicipi semua kuliner di atas, Anda tentunya akan membutuhkan bujet liburan tambahan. Nah, agar pengeluaran Anda selama liburan tetap hemat, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih hotel murah di Lombok sebagai tempat bermalam.

Tempat Wisata Kuliner Lombok Pilihan Airy Rooms

Untuk mendapatkan penginapan yang murah dan nyaman, salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda pilih adalah Airy Rooms. Dengan tarif menginap yang terjangkau, di Airy Rooms Anda sudah bisa memperoleh beragam fasilitas unggulan seperti kamar berpendingin ruangan, kasur yang empuk dan nyaman, TV layar datar dengan saluran lokal dan internasional, air minum gratis, perlengkapan mandi, jaringan internet, hingga kamar mandi dengan pancuran air dingin dan air hangat.

Pemesanannya pun mudah, cukup melalui aplikasi mobile yang bisa Anda unduk di Google Play atau App Store. Untuk pembayarannya, ada pilihan pembayaran melalui transfer antar bank, kartu kredit, serta melalui gerai Indomaret. Mudah dan praktis, bukan?