4 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil Saat Sahur

No comment 37 views
Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

 

Tidak ada larangan bagi Ibu hamil untuk menjalankan ibadah puasa. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan oleh Ibu hamil terkati makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Salah satunya, adalah untuk tetap memperhatikan kandungan gizi pada makanan dan minuman yang dikonsumsi sehingga kebutuhan gizi Janin dapat tercukupi dengan baik.

Berikut adala beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh Ibu hamil saat sahur.

1. Makanan mentah atau setengah matang

Makanan mentah atau setengah matang sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh Ibu hamil, terlebih pada saat sahur. Makanan mentah sangat rentan tercemari oleh bakteri, parasit dan sejenisnya. Begitu pula pada Ibu hamil. Bakteri dapat dengan mudah masuk ke tubuh (janin) lewat makanan mentah atau setengah matang. Misalnya, pada daging unggah mentah, bakteri dari jenis listeria akan dengan mudah masuk ke tubuh sehingga berdampak pada janin yang beresiko menjadi penyebab keguguran. Maka dari itu, pastikan makanan yang Anda makan sudah matang dengan sempurna dan terjaga kebersihan saat pengolahannya.

2. Makanan yang mengandung merkuri

Merkuri merupakan senyawa kimia yang dihasilkan dari aktifitas manusia seperti pembakaran, pemberikan pupuk, ataupun limbah-limbah pabrik yang dibuang ke alam. Biasanya merkuri ini akan ikut terbawa pada organisme hidup seperti kerang hijau, kepiting, ikan makarel dan lainnya. Nah, jika organisme itu dikonsumsi oleh Ibu hamil, akan memberikan dampak buruk bagi tubuh Ibu dan janinnya.  Yang terburuk, janin dapat mengalami kecacatan.

3. Terlalu banyak konsumsi Kalori

Kalori memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi (tenaga). Namun kalori yang berlebih tentu dapat menjadi masalah bagi tubuh, tak terkecuali pada janin. Jika Ibu hamil mengkonsumsi terlalu banyak kalori, dapat menyebabkan bayi lahir dengan bobot badan berlebih. Sehingga akan mempersulit proses persalinan dan berakhir pada tindakan caecar.

4. Makanan tinggi gula dan rendah serat

Saat sahur, tubuh memerlukan makanan yang berserat agar perut terasa kenyang dan tahan lama. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang tinggi, dan tidak cukup mengkonsumsi serah, akan membuat Anda lebih cepat lapar.  Maka dari itu, hindari mengkonsumsi teh manis, cake yang mengandung cream dan sebagainya, saat Anda sahur. Sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur saat sahur, agar kebutuhan nutrisi untuk janin dapat terpenuhi dengan baik.