Berbagai Macam Penyakit Orang Tua Lanjut Usia

No comment 205 views

Penyakit Orang Tua Lanjut Usia  

Lansia atau lanjut usia merupakan fase hidup maksimal yang dialami manusia. Tentunya semakin bertambah usia seseorang, maka semakin banyak penyakit yang diderita. Hal tersebut dikarenakan bahwa faktor usia merupakan salah satu faktor dari berbagai penyakit. Tak heran, saat lansia banyak penyakit serius yang menyerang. Tak jarang lansia Indonesia mengidap penyakit serius di usia tua. Tak hanya satu penyakit, terkadang banyak lansia yang mengidap penyakit serius secara kompleks. Harus kamu ketahui bahwa semakin usia bertambah, fungsi tubuh akan menurun karena proses penuaan. Proses penuaan tentunya mengakibatkan daya tahan tubuh menurun sehingga pada usia lanjut lebih rentan terkena penyakit. Hal ini juga dikarenakan individu tersebut saat muda memiliki gaya hidup yang kurang sehat, seperti tidak menyukai olahraga dan makan makanan yang tidak sehat.

Berikut beberpa jenis penyakit orang tua lanjut usia yang terjadi di Indonesia:

  • Hipertensi

Banyak orang lansia yang mengalami penyakit darah tinggi atau hipertensi ini. Menurut sebuah riset, semakin tua usia maka tekanan darah cenderung meningkat dan ini merupakan salag satu proses alami yang akan dialami tubuh saat mulai menua. Namun hipertensi ini sangat berbahaya karena akan menyebabkan penyakit jantung atau juga stroke. Bagi kamu yang masih muda agar masa tua tidak mengalami penyakit ini, kamu bisa mengurangi asupan garam, rajin berolahraga, menjaga berat badan, dan tidak merokok.

  • Mengompol

Salah satu masalah kesehatan yang biasa ditemui pada lansia ini cukup mengesalkan. Biasanya wanita lebih rentan terkena masalah kesehatan mengompol ini karena otot oanggul mereka semakin melemah. Namun, pria juga bisa terkena pada saat usia lansia, biasanya banyak terjadi pada pria yang mengalami pembesaran prostat. Tak heran kini banyak sekali ditemui popok untuk orang dewasa atau orang tua.

  • Stroke

Penyakit ini sangat berbahaya dan butuh penanganan cepat agar meminimalkan kerusakan otot. Penyakit ini tejadi saat suplai darah ke otak tidak terpenuhi, sehingga jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup untuk melakukan semua fungsinya. Biasanya lansia mengalami stroke pada wajah, lengan, kaki, atau pada penglihatan. Bahkan ada yang kesulitan bicara atau memahami perkataan orang lain hingga kehilangan keseimbangan saat berjalan.

  • Diabetes

Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang banyak diderita oleh lansia Indonesia. Usia yang menua tentunya membuat tubuh berubah, termasuk cara tubuh kita menggunakan gula darah. Sehingga banyak ditemui orang tua yang menderita diabetes karena tubuhnya tidak bisa memproses gula darah secara maksimal. Jika kamu ingin menghindari penyakit ini, kamu bisa mengontrol asupan makan dan juga menjalankan olahraga teratur sehingga tubuh bisa mengontrol gula darah secara maksimal.

Nah, itu dia beberapa jenis penyakit orang tua lanjut usia yang sering ditemui di Indonesia. Jika kamu ingin masa tuamu selalu sehat dan terhindar dari penyakit tersebut, kamu bisa memulai pola hidup sehat dengan makan sehat dan olahraga teratur.