Kapan Waktu yang Tepat Untuk Investasi?

No comment 78 views
Investasi Jangka Pendek

 

Saat memiliki dana dan ingin melakukan investasi, seringkali banyak orang bingung kapan harus memulai investasi. Beragam pertanyaan pun muncul mengenai waktu waktu yang tepat untuk melakukan investasi. Lalu, kapankah waktu terbaik untuk melakukan investasi?

Sedini mungkin

Jika ada pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi, maka jawaban yang paling tepat adalah sedini mungkin atau sekarang juga. Ya, investasi merupakan hal yang baik dan rasanya hal baik tidak boleh ditunda-tunda. Meskipun demikian, banyak orang merasa bahwa mereka belum siap untuk berinvestasi karena berbagai hal seperti belum memiliki cukup modal atau memiliki kebutuhan hidup yang sangat tinggi.

Sebetulnya, investasi tidak melulu harus dimulai dengan modal yang besar. Anda juga dapat melakukan investasi menguntungkan dengan modal kecil seperti pada skema investasi peer to peer lending. Skema peer to peer lending merupakan skema pinjaman yang memungkinkan Anda menjadi pihak peminjam dengan imbal hasil yang menggiurkan. Investasi peer to peer lending juga tidak mengharuskan Anda untuk memiliki modal besar. Anda bahkan bisa mendapatkan profit hingga 20% dengan modal dibawah 1 juta saja. Dengan kemudahan yang ditawarkan, apakah Anda yakin masih mau menunda investasi untuk masa depan Anda?

Saat kondisi keuangan stabil

Meski investasi yang baik dilakukan sedini mungkin, bukan berarti Anda harus mengalihkan seluruh dana yang Anda miliki untuk diinvestasikan sekarang juga. Anda bisa melakukan investasi ketika kondisi keuangan Anda tengah stabil. Sebaiknya, hindari investasi yang tidak likuid ketika Anda tengah memiliki banyak pengeluaran seperti saat menjelang hari raya. Karena, ketika Anda sedang berada dalam kondisi banyak pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari lalu melakukan investasi yang tidak likuid, maka bisa jadi hal tersebut akan mengganggu cash flow rumah tangga Anda yang dapat berujung kepada peminjaman dana yang dibebani oleh bunga. Jika hal tersebut terjadi, Anda justru akan merugi dan investasi yang Anda lakukan seakan tidak menghasilkan apapun. Oleh karena itu, sebaiknya lakukanlah investasi jangka pendek yang likuid ketika Anda tengah dihadapi oleh banyaknya pengeluaran di masa mendatang.