Terapi Sederhana untuk Bibir Pecah-pecah

No comment 20 views

Bibir kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurang minum air putih, dehidrasi, terpapar cuaca panas, atau bibir terkena bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam krim malam wajah anda. Sering membasahi bibir dengan ludah juga bisa menjadi penyebab bibir kering. Pasalnya, air liur yang menempel di bibir bisa mengering. Ketika mengering, maka bibir anda juga akan ikut mengering. Intinya, penyebab bibir kering adalah bibir anda kehilangan kelembapan alaminya.

Bibir Pecah-pecah

 

Bibir adalah bagian paling sensitif dibanding bagian tubuh anda yang lain. Bibir hanya dilapisi oleh lapisan terluar yang mengandung sedikit minyak alami dan tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit wajah. Ditambah lagi, bibir melakukan kerja lebih berat dibandingkan kulit yang lain pada saat makan dan minum. Bibir mengalami kontak langsung dengan makanan dan minuman anda, dengan demikian, potensi bibir kehilangan kelembapannya lebih tinggi.

Pilih lip balm terbaik

Untuk menjaga kelembapan alami kulit dan mencegah atau mengobati bibir kering dan pecah-pecah, pertama anda harus gunakan lip balm. Informasi mengenai lip balm dan bibir kering lebih detail bisa anda peroleh di sini https://www.nivea.co.id/article/lips/selamat-tinggal-bibir-kering-dan-pecah-pecah.

Produk Nivea Lip Essentials Care mengandung shea butter alami dan jojoba alami. Kedua bahan ini ampuh merawat bibir kering dan pecah-pecah, juga memberikan kelembapan pada bibir, karena lebih mudah diserap oleh kulit bibir dibandingkan dengan bahan lain yang berdasar silikon. Cara pemakaian lip balm adalah segera setelah bangun tidur sebelum mencuci muka, dan setiap 2 atau 4 jam sekali. Apabila anda berada di ruangan ber-AC, anda bisa sering-sering mengaplikasikan lip balm, karena di ruangan dingin, udara sekitar cenderung lebih kering.

Lip balm terbaik adalah yang bebas warna, pewangi atau aroma. Contohnya, Nivea Lip Essentials Care. Terutama, untuk bibir yang sedang kering atau pecah-pecah, pemakaian lip balm berwarna dan beraroma harus dihindari. Saat kering dan pecah-pecah, bibir anda sedang dalam keadaan sensitif. Penambahan aroma dan rasa pada lip balm bisa membuat kondisi bibir semakin kering bahkan gatal dan teriritasi.