Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri Itu Penting

No comment 40 views

Lembaga kursus bahasa asing membludak jumlahnya. Terutama, di kota-kota besar, namun, hanya beberapa saja yang terbukti bisa bertahan. Salah satunya adalah English First (EF). Untuk cek lebih lanjut mengenai lembaga ini kamu bisa klik link berikut, https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/monthly-offer/.

bahasa inggris mahasiswa di surabaya

 

EF memiliki pengalaman lebih dari 50 tahun dalam hal kursus bahasa Inggris. Bahkan kini mereka sudah membuka lebih banyak cabang di berbagai kota besar di Indonesia. Peminat kursus ini dari segala usia. Peminat paling banyak berasal dari kalangan yang mencari les bahasa Inggris mahasiswa di Surabaya.

Durasi kursus di EF tidak sebentar, tetapi juga tidak lama. Pas porsinya untuk kegiatan yang sifatnya kursus, bukan kegiatan formal. Nah, bagi kamu yang ingin benar-benar mendalami bahasa Inggris dalam waktu singkat, kamu tetap menambah porsi belajar. Solusinya hanya satu, belajar dan berlatih secara mandiri.

Apa saja yang bisa kamu lakukan saat proses belajar secara mandiri?

Pertama, katakan pada tutor bahwa kamu ingin sungguh-sungguh belajar bahasa Inggris dan keterampilan apa yang ingin kamu perdalam. Kamu perlu ingat, jika kamu belajar bahasa Inggris di sekolah atau di tempat kursus, kamu mungkin tidak akan mempelajari hal yang sama persis yang kamu inginkan. Tutor pun akan sulit mengetahui apa yang persisnya kamu ingin pelajari. Maka, katakan secara jujur apa yang kamu mau kepada tutor di kelas. Mungkin kamu ingin belajar menulis bahasa Inggris secara intensif. Maka, ketika tutor di kelas memberi materi speaking atau pronunciation yang terlalu banyak, kamu bisa beri mereka feedback.

Kedua, ingat-ingat kesalahanmu. Dalam belajar, kamu pasti akan membuat kesalahan. Tidak perlu mengelak. Bahkan sangat mungkin dalam pelajaran struktur kamu akan melakukan kesalahan lagi dan lagi. begitu juga saat speaking. Tutor pasti akan memberitahu kamu mana yang benar. Kamu jangan hanya diam dan mendengarkan saja. Ambil buku, tulislah apa saja kesalahanmu, dan ingat-ingat untuk tidak mengulanginya lagi.

Ketiga, tempatkan dirimu di situasi sulit. Jika kamu bisa berada dalam situasi di mana kamu harus berbicara, membaca, dan menyimak dalam bahasa Inggris, artinya kamu keluar dari zona nyaman kamu. Ini bagus. Kamu akan dipaksa untuk menggunakan bahasa Inggris. Ini salah satu cara terbaik belajar bahasa Inggris, karena kamu akan benar-benar fokus pada apa yang akan kamu sampaikan dan terbiasa dengan situasi yang tidak nyaman. Lalu, apa contoh dari situasi sulit ini? Konferensi, seminar, pertemuan, dan lain-lain!