Daftar Menu MPASI Bayi 6 Bulan

No comment 179 views
MPASI Bayi 6 Bulan

 

Ketika bayi sudah memasuki usia 6 bulan, itu berarti sudah saatnya bunda untuk berkreasi dengan menu MPASI 6 bulan. Pada usia ini, bayi sudah dapat diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya, tentu dengan pilihan menu yang sehat dan bergizi. Namun satu hal yang perlu bunda perhatikan adalah pemberian MPASI bagi bayi berusia 6 bulan hanyalah sebagai makanan tambahan saja, karena makanan utama, karena makanan utama si kecil tetaplah ASI. Selain itu, makanan tambahan yang diberikan untuk si kecil haruslah benar-benar halus, itu dikarenakan percernaannya yang masih belum sempurna, sehingga membutuhkan makanan halus untuk dapat dicerna oleh perutnya dengan baik.

Nah, berbicara soal menu MPASI bayi 6 bulan, sudahkah bunda punya ide membuat menu makanan apa untuk disajikan kepada si kecil? Jika belum, berikut ini beberapa daftar menu MPASI yang bisa bunda buat sendiri dirumah.

1. MPASI dengan wortel

Pada dasarnya, sayur merupakan menu MPASI yang tepat untuk diberikan pada si kecil, tak terkecuali wortel. Kandungan vitamin A dan mineral lain yang tinggi pada wortel, sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata dan tubuh si kecil. Namun karena teksturnya yang sedikit keras ini, bunda harus mengolah wortel terlebih dahulu sebelum diberikan sebagai MPASI si kecil. Cara yang tepat untuk mengolah wortel adalah dengan cara direbus/kukus terlebih dahulu, sehingga teksturnya menjadi lunak.

2. MPASI dengan pisang

Selanjutnya, makanan yang bisa dijadikan menu MPASI untuk si kecil adalah buah pisang. Pisang mengandung vitamin A, fosfoor, asam folat, dan juga kalsium yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhannya. Hampir semua orang menyukai pisang, tak terkecuali bayi. Untuk menyajikannya juga tidak merepotkan. Bunda bisa memberikan langsung pada si kecil dengan cara mencuilnya sedikit demi sedikit menggunakan sendok. Atau bisa juga dihaluskan dengan cara di tumbuk, atau ditekan-tekan menggunakan sendok hingga teksturnya menjadi halus.

3. MPASI dengan pepaya

Buah pepaya juga sangat bagus disajikan sebagai menu MPASI loh bunda. Pepaya mengandung banyak nutrisi terutama enzim papain yang baik untuk melancarkan pencernaan si kecil. Tak hanya itu saja, kandungan kalsium dan zink yang tinggi juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan merangsang tumbuhnya gigi si kecil. Dan sama halnya dengan pisang, pepaya juga dapat disajikan langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Atau bisa juga dihaluskan terlebih dahulu, agar si kecil bisa lebih mudah untuk memakannya.

4. MPASI dengan Alpukat

Buah musiman ini memang sudah sejak lama dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yang baik untuk menjaga staina tubuh. Tak hanya, vitamin A dan C saja yang tak terkandung dalam alpukat, mineral lain seperti kalsium dan magnesium juga terdapat pada buah yang bertekstur lembut ini. Mineral-mineral ini berperan penting dalam menunjang perkembangan motorik si kecil.

5. MPASI dengan Nasi Tim

Selain sayuran dan buah-buahan, menu MPASI juga bisa menggunakan bahan dasar berupa nasi. Namun perlu diingat, nasi yang diberikan pada si kecil bukanlah nasi seperti yang biasa orang dewasa konsumsi sehari-hari, melainkan nasi tim (nasi bubur). Nasi tim dibuat menggunakan bahan dasar berupa beras (putih/merah) yang diberikan tambahan santan (bila diperlukan). Bunda juga bisa mengkombinasikannya dengan menambahkan sayuran seperti wortel yang sudah dikukus, ataupun bayam. Bisa juga menambahkan nutrisi lain dari ikan yang sudah diambil tulangnya dan dikukus agar lunak