Benarkah Sabun Cair Lebih Bagus Daripada Sabun Batangan?

No comment 130 views
Sabun Cair

 

Sabun batang merupakan salah satu bentuk sabun yang paling sering digunakan oleh orang Indonesia. Sejak kehadiran sabun cair, banyak anggapan yang muncul jika sabun batangan dapat menjadi penyebar berbagai penyakit. Hal ini bisa didasari karena penggunaan sabun batangan yang secara langsung bersentuhan dengan kulit. Dan jika digunakan secara bersamaan, maka jika seseorang memiliki penyakit kulit, dapat dengan mudah berpindah ke tubuh orang lain. Sedangkan sabun cair sebaliknya. Namun apakah benar seperti itu?

Sebenarnya tidak ada penelitian yang pasti mengenai hal ini, apakah sabun cair lebih bagis daripada sabun batangan. Karena kedua jenis sabun ini memiliki resiko yang sama untuk penyebaran penyakit, hanya saja jumlahnya masih dapat dikatakan dalam taraf yang aman. Dan semuanya juga tergantung dari cara Anda mencuci tangan. Bila proses mencuci tangan Anda baik, maka akan sangat sulit bakteri penyebab penyakit akan pindah ke tubuh Anda.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui saat memilih sabun cair ataupun sabun batangan.

  1. Menjaga keseimbangan alami kulit

Salah satu fungsi sabun (cair/batangan) adalah dapat menjaga keseimbangan alami kulit. Seharusnya kedua jenis sabun, baik itu batangan ataupun cair, harus memiliki manfaat yang sama agar kulit tidak kering. Sabun dengan kandungan anti-bakteri memang sangat dianjurkan penggunaannya, karena dapat mencegah terjadinya penyebaran bakteri penyebab penyakit. Namun penggunaan sabun anti-bakteri yang secara terus menerus juga dapat membuat kulit menjadi kehilangan kelembapan alaminya. Sehingga dapat membuat kulit menjadi kering. Maka dari itu, selain harus mengandung anti-bakteri, sabun cair/batangan mestinya juga mengandung bahan alami untuk menjaga kelembapan kulit.

  1. Untuk menghilangkan kotoran

Baik sabun cair ataupun sabun batangan, memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu mengangkat kotoran pada kulit. Selain itu, kandungan pada kedua sabun ini juga memiliki fungsi yang sama untuk mengangkat minyak dan bakteri sehingga membuat kulit menjadi lebih bersih dan sehat.

  1. Untuk mengeksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses pengangatan kulit mati dari kulit terutama di area sekitar wajah. Kedua sabun ini, memiliki kemampuan eksfoliasi yang baik sehingga penggunaan keduanya dapat menjadikan kulit menjadi lebih sehat dan terlihat lebih cerah. Pada sabun, eksfoliasi dibuat dalam bentuk scrub. Nah, bila Anda ingin merasakan manfaat ini, maka sebaiknya pilihlah sabun cair atau sabun batangan yang mengandung scrub.

  1. Melembabkan kulit

Jika Anda pernah mendengar informasi bahwa sabun cair atau sabun batangan dapat melembabkan kulit. Maka informasi yang Anda terima tidak lah benar. Banyak pakar kesehatan yang mengatakan, bahwa tidak ada satu pun sabun dari jenis cair ataupun batangan yang mampu memberikan kelembapan pada kulit. Kalau hanya untuk menyegarkan dan menyehatkan kulit ada Sebaiknya bila Anda ingin mendapatkan kulit yang lembah dan mencegah dari pecah-pecah, maka sebaiknya gunakan body lotion yang sesuai dengan karakter kulit Anda.

  1. Ramah lingkungan

Di zaman sekarang ini, produk yang ramah lingkungan haruslah menjadi fokus utama Anda. Nah, jika ditanya, apakah diantara sabun cair dan sabun batangan, mana yang lebih ramah lingkungan. Jawabannya adalah sabun batangan. Pada sabun batangan, penggunaan bahan kimia jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sabun cair. Selain itu, limbah yang dihasilkan berupa plastik kemasan, sabun cair lebih banyak menyumbang limbah ketimbang sabun batangan dan itu sangat sulit terurai. Jadi untuk poin yang ini, sabun batangan masih lebih unggul.