Bukan Soal Harga, Ini Tips Merawat Mobil Baru Biar Awet

No comment 81 views
Harga Mobil Baru

 

Memiliki mobil baru memang sangat menyenangkan, apalagi jika mobil yang diperoleh adalah merupakan hasil jerih payah sendiri. Walaupun harga mobil baru masih terbilang cukup mahal, namun karena alasan kebutuhan, harga selangit pun pasti akan terbeli juga.

Akan tetapi disini, kita tidak sedang membahas soal harga mobil. Mobil apapun yang Anda miliki, tentu tidak akan ada artinya jika Anda tidak mampu merawat mobil baru Anda dengan baik. Meskipun perawatan mobil bisa dilakukan melalui showroom atau bengkel-bengkel langganan Anda, namun ada kalanya Anda juga harus tau bagaimana cara merawat mobil agar awet. Nah, untuk hal ini, berikut beberapa tips merawat mobil baru yang bisa Anda coba.

  1. Kurangi kecepatan ketika melewati jalan yang tidak rata

Bukan rahasia lagi jika jalanan di Indonesia masih penuh dengan lubang atau permukaanya tidak rata. Bagi pengguna jalan, khususnya mobil harusnya lebih berhati-hati dengan hal ini. Jalan yang tidak rata atau berlubang, dapat menjadi ancaman yang serius bagi mobil Anda. Walaupun sistem suspensi mobil sudah sangat bagus, namun jika Anda tidak berhati-hati dalam membawa mobil saat mendapati jalanan berlubang, maka akan menyebabkan suspensi menjadi cepat aus. Untuk itu, sebaiknya Anda mengurangi kecepatan mobil Anda ketika melewati jalanan yang berlubang atau tidak rata.

  1. Gunakan posisi transmisi gigi secara tepat

Mengatur posisi transmisi gigi secara tepat juga dapat membuat mobil Anda menjadi lebih awet. Saat melalui jalanan berlubang atau tidak rata, Anda bisa memposisikan transmisi gigi 1, sehingga laju kendaraan lebih lambat. Posisi ini juga berguna, pada saat Anda harus berhenti mendadak karena kurang awasnya mata terhadap keberadaan lubang di jalan.

  1. Jangan melebihi batas muatan yang telah ditentukan

Kebanyakan mobil baru, rusak dikarenakan karena kelebihan muatan. Anda tidak boleh menganggap sepele hal ini. Sebab, muatan yang berlebih misalnya kelebihan penumpang atau membawa banyak barang, dapat memperpendek umur komponen mesin ataupun onderdil mobil Anda. Hal ini bisa terjadi lantaran ketika mobil sudah mencapai beban maksimal dan dipaksakan untuk berjalan, maka kerja mesin menjadi lebih berat dan cepat panas. Jika dipaksakan terus, bisa-bisa mobil akan mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Maka dari itu, bawalah muatan yang sesuai dengan yang sudah dianjurkan saja. Misal, mobil dengan kapasitas 7 penumpang tidak boleh mengangkut penumpang lebih dari itu. Dengan begitu mobil baru Anda bisa menjadi lebih awet.

  1. Hindari mengerem secara mendadak

Aktifitas mengerem secara mendadak juga sebaiknya dihindari. Sebab, bukan hanya saja berbahaya bagi keselamatan, aktifitas ini juga bisa menyebabkan masalah untuk mobil baru Anda. Saat mengerem mendadak, secara otomatis akan terjadi gesekan besar karena ban dan mesin mobil yang dihentikan secara mendadak. Ini sangat berbahaya bagi komponen mesin ataupun kanvas rem. Sehingga dapat mempercepat terjadi kerusakan.

  1. Periksa kondisi ban dan cairan mobil secara rutin

Terakhir yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil baru agar tetap awet adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan ban ataupun cairan mobil (oli, air radiator dan sebagainya). Untuk mengecek tekanan ban, Anda bisa melakukan pengecekan langsung di bengkel langganan Anda. Tekanan ban yang kurang akan membuat gesekan ban dengan aspal semakin kuat, sehingga dapat mengganggu kestabilan mobil. Selanjutnya selalu periksa kecukupan oli. Bila sudah tiba waktunya mengganti oli, maka lakukan secepatnya, agar mesin mobil Anda tetap dalam kondisi yang prima.