Cara Merawat Anjing Peliharaan Agar Selalu Sehat

No comment 90 views

makan anjing pedigree

Banyak orang yang mengatakan jika anjing merupakan salah satu hewan peliharan yang paling setia. Mungkin hal ini bisa dikatakan benar. Sebab memang terbukti, saat anjing di rawat dengan baik, maka ia akan setia pada majikan yang telah merawatnya dengan baik. Bahkan dapat menjadi teman yang bisa diandalkan, seperti menemani Anda saat berolahraga, berjalan-jalan di taman atau sebagai teman curhat di kala sedih dan senang.

Dahulu anjing hanya dianggap sebagai hewan penjaga saja, namun kini bagi sebagian orang justru anjing sudah dianggap seperti keluarganya sendiri. Sehingga yang semula tempatnya hanya berada di dalam kandang di luar rumah. Kini telah berkeliaran bebas dan tinggal se-atap dengan pemiliknya. Memang tidak masalah jika anjing dibiarkan bebas dan tinggal di dalam rumah. Akan tetapi Anda harus terus melakukan kontrol yang kuat, agar kesehatan anjing peliharaan Anda tetap terjaga. Bukan karena apa-apa, sebab banyak ahli yang mengatakan jika penyakit yang berasal dari anjing juga bisa menular pada manusia. Maka dari itu selalu jika Anda telah komitmen untuk memelihara anjing di rumah, maka Anda harus lebih aktif mengecek kondisi fisiknya.

Berbicara soal anjing peliharaan, pastinya tak lepas dari tentang bagaimana cara merawat anjing yang tepat, Ya! Nah, buat Anda yang ingin merawat sendiri anjing peliharaan di rumah, berikut ini tips merawat anjing peliharaan yang bisa Anda coba.

  1. Jangan beri anjing peliharaan makanan asin

Kebanyakan orang tidak perduli dengan pemilihan makanan yang sesuai untuk anjing peliharaan. Terbukti masih banyak penggemar anjing peliharaan yang memberi makan anjing secara sembarangan. Padahal anjing peliharaan sangat rentan dengan apa yang dimakannya. Misalnya saja, anjing peliharaan itu tidak boleh diberikan makanan-makanan yang asin. Bahkan anjing peliharaan juga tidak boleh diberikan cokelat dan telur.

Ketiga hal tersebut dapat menyebabkan bulu-bulu menjadi rontok. Bahkan dalam kasus yang cukup parah, akan membuat bulu akan sulit untuk tumbuh kembali. Maka dari itu, memberikan makanan terbaik seperti makan anjing pedigree tak hanya dapat membuat kesehatan anjing peliharaan Anda terjaga. Bulu-bulu indahnya juga tidak akan mudah rontok. Hal ini dikarenakan, kandungan ensensial dan nutrisi yang terdapat didalamnya aman untuk tubuh anjing peliharaan secara keseluruhan.

  1. Jangan terlalu sering dimandikan

Anjing peliharaan pada dasarnya adalah hewan yang suka bila dimandikan. Makanya, tidak sulit untuk memandikan anjing dibandingkan dengan kucing. Namun memandikan anjing peliharaan tidak boleh dilakukan sesuka hati Anda. Melainkan cukup dimandikan maksimal 2-3 kali saja setiap bulannya.

Memandikan anjing peliharaan sebaiknya menggunakan sampo khusus anjing. Anda bisa membeli sampo ini di supermarket ataupun pet shop yang harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa untuk menggunakan air hangat saat memandikannya, untuk mencegah tubuhnya agar tidak menggigil. Usai mandi, bisa segera dikeringkan dengan menggunakan hairdryer, hal ini diperlukan untuk menjaga bulu-bulunya tetap kering dan indah.

  1. Memberikan Vaksin Rabies

Anda pasti sudah tau jika anjing peliharaan juga membawa penyakit yang dapat ditularkan kepada manusia. Salah satunya adalah penyakit rabies (anjing gila). Nah, sebagai penanganan/pencegahan air anjing peliharaan Anda bebas dari rabies, lalukan penyuntikkan vaksin rabies setidaknya 3 sampai dengan 6 bulan sekali. Untuk pemberian vaksin ini, Anda bisa melakukan sendiri atau membawanya ke dokter hewan atau pet shop. Dan jangan lupa untuk selalu kontrol rutin kesehatan anjing peliharaannya Anda setiap bulannya.