Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos

No comment 82 views
Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos

 

Pupuk kompos merupakan salah satu sumber nutrisi penting yang berasal dari bahan organik untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Kompos di pilih lantaran memiliki kandungan unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Cara membuat pupuk kompos juga tidak begitu sulit. Secara garis besar, yang dibutuhkan untuk membuat pupuk kompos hanyalah bahan-bahan organik yang bisa berasal dari sampah tumbuhan maupun hewan. Bahkan bisa juga dibuat dari sisa-sisa sampah dapur. Kemudian diberikan bakteri pengurai untuk mempercepat pembusukan sampah.

Penggunaan pupuk kompos pada dosis yang tepat, dapat menggantikan penggunaan pupuk kimia yang bisa berdampak negatif pada lingkungan bahkan kesehatan kita. Selain itu banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan jika kita menggunakan pupuk kompos sebagai nutrisi bagi tanaman, diantaranya yakni:

  • Lebih hemat biaya. Hal ini dikarenakan pupuk kompos di buat dari sisa-sisa dapur, sehingga tidak ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Nah, jika tanaman yang Anda budidaya bertujuan untuk dijual kembali, ini bisa menghemat biaya produk tanaman.
  • Bila dibandingkan dengan pupuk kimia, pupuk kompos jelas lebih ramah lingkungan. Dan tidak ada pengaruh negatif untuk tanaman lain yang tumbuh disekitarnya.
  • Pembuatan pupuk kompos sangat praktis dan sederhana. Tidak dibutuhkan alat-alat canggih untuk membuatnya, dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang besar.
  • Kandungan hara yang terdapat dalam pupuk kompos dapat memperbaiki struktur tanah. Yang semula tanah miskin unsur hara dan terlihat gersang. Dengan penggunaan pupuk kompos, tanah akan kembali subur dan menarik hewan kecil seperti cacing untuk datang.

Cara Membuat Pupuk Kompos Padat

Jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk membuat pupuk kompos, bukan berarti Anda tidak bisa membuat pupuk kompos sendiri. Anda tetap bisa membuatnya meskipun hanya mengandalkan lahan pekarangan yang tidak begitu luas. Nah, buat Anda yang penasaran tentang bagaimana cara membuat pupuk kompos padat, berikut step by step yang bisa Anda praktekan di rumah.

  1. Hal utama yang perlu Anda persiapkan adalah sebuah wadah yang berukuran besar, seperti drum, ember dengan tutup, planterbag khusus komposter, atau wadah berukuran besar lainnya.
  2. Bila sudah tersedia, jangan lupa untuk memberikan lubang, atau bisa juga menambahkan keran air pada bagian bawah dinding wadah. Lubang ini berfungsi untuk mengeluarkan air hasil pengomposan. Sebenarnya, air ini bisa digunakan lagi sebagai pupuk cair. Jadi, dari pada terbuang sia-sia, lebih baik Anda nanti menampungnya pada wadah lain, agar bisa digunakan kembali.
  3. Jika semua sudah siap. Maka selanjutnya Anda tinggal mengumpulkan sampah-sampah organik yang bisa berupa dedaunan, sisa sampah dapur seperti nasi, sisa-sisa ikan, sisa sayuran dan sebagainya yang berbahan organik. Setelah itu beri aktivator (biang kompos), untuk mempercepat proses pengomposannya. Biang kompos bisa diperoleh dari kompos yang sudah jadi, mungkin Anda perlu membelinya di toko-toko penjualan bibit tanaman dan sejenisnya.
  4. Jika sudah, tinggal di aduk rata agar semua bahan dasar bisa bercampur. Baru di bagian paling atas, tutup dengan tanah setebal kira-kira 5 cm. Dan tutup lagi dengan tutup wadah. Lalu diamkan selama 3 bulan.
  5. Sepanjang masa pengomposan, Anda tetap bisa menambahkan sampah lagi hingga penuh. Sebab setiap harinya, sampah akan mengalami penyusutan karena air sisa kompos tadi keluar melalui lubang pada wadah, sehingga menyisahkan kompos padat saja.
  6. Setelah berjalan 3 bulan, Anda bisa segera memanen kompos padat dengan cara mengeluarkannya dari wadah. Namun untuk beberapa hari belum bisa langsung digunakan. Sebab, saat baru panen, kompos masih panas. Maka dari itu perlu dijemur dan dikeringkan selama 2-3 hari di cuaca terik. Baru setelah itu bisa digunakan dan diberikan pada tanaman kesayangan Anda.