Daftar Menu Mpasi untuk Bayi Usia 6 Bulan

No comment 33 views
Menu Mpasi 6 BUlan

 

Memasuki usia bayi 6 bulan, biasanya orang tua mulai disibukkan dengan mempersiapkan berbagai menu mpasi 6 bulan untuk si buah hatinya. Yah, memang pada usia ini, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat pertamanya. Momen ini pastinya sangat dinantikan oleh Ibu, terutama untuk Ibu muda yang baru memiliki anak pertamanya. Biasanya, menjelang usia 6 bulan, Ibu mulai rajin untuk mencari-cari resep mpasi yang sehat dan bergizi. Nah, Ibu yang sedang mencari ide untuk menu mpasi si kecil, berikut kami berikan daftar menunya. Silahkan di simak, Ya!

1. Pure Alpukat

Tak hanya orang dewasa yang gemar dengan buah yang penuh gizi ini. Anak-anak atau bayi pastinya juga doyan banget dengan buat berwarna hijau dan berdaging lembut ini. Alpukat memang sangat tetap untuk disajikan sebagai menu Mpasi. Buah ini sangat lembut sehingga mudah untuk dicerna oleh usus si kecil.

Untuk mengolah buah alpukat menjadi menu mpasi juga tidak sulit, kok! Ibu dapat mengolahnya dengan sangat cepat. Persiapkan 1 atau 2 buah alpukat yang sudah matang dan juga ASI perah. Kemudian, pisahkan daging buah dari kulitnya yang keras. Lalu giling dengan menggunakan hand blender atau jika tidak ada, bisa juga dengan melumatkannya menggunakan sendok. Setelah mendapatkan tekstur yang halus, kemudian taruh ke wadah makan si kecil dan campurkan dengan ASI perah. Aduk rata hingga semuanya bercampur dengan sempurna, dan pure aplukat siap untuk disantap oleh si kecil.

2. Pure Apel

Buah apel sangat kaya akan vitamin terutama vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B1, sehingga buah ini sangat cocok untuk disajikan sebagai makanan pendamping asi buat bayi. Namun karena tekstur dari buah apel ini cukup keras, dan tidak mungkin bisa disantap langsung oleh si kecil. Untuk menu mpasi dengan pure apel, sebaiknya 1 buah apel yang sudah di kupas kulit dan dibuang biji, di kukus terlebih dahulu hingga lunak. Selanjutnya, buah di blender hingga halus. Dan jangan lupa untuk menambahkan ASI perah sebelum diberikan kepada si kecil.

3. Pure Labu Kuning

Buah labu kuning juga sangat baik untuk dijadikan variasi menu mpasi. Pada dasarnya, buah yang berwarna kuning itu mengandung betakarotine yang sangat tinggi, termasuk juga buah labu kuning ini. Namun sebelum disajikan untuk menu mpasi si kecil, buah labu harus di kukus terlebih dahulu agar lunak dan mudah untuk dihancurkan. Akan tetapi, karena buah labu mengandung serat yang cukup kasar, baiknya disaring terlebih dahulu, agar mendapatkan tekstur yang benar-benar halus.

Nah, sebagai campurannya. Ibu bisa menambahkan ASI perah dan juga pure apel kedalamnya. Dengan begitu, gizi yang terkandung di dalam pure labu kuning akan semakin lengkap. Dan bayi Ibu pun pastinya akan lebih lahap untuk memakannya.

4. Pure Pisang Apel

Pisang dan apel merupakan kombinasi yang pas sebagai menu mpasi untuk bayi 6 bulan. Kedua buah ini dapat disajikan langsung tanpa perlu melalui proses pengukusan. Untuk pisang, sebaiknya gunakan jenis dari pisang awak (pisang batu). Sebab, jenis pisang ini yang sangat aman untuk pencernaan bayi. Namun sebelum disajikan, tetap perlu dihaluskan terlebih dahulu dengan blender lalu disaring untuk mendapatkan pure yang benar-benar halus. Dan jangan lupa untuk menambahkan ASI perah sebagai makanan utama si kecil, Ya!