Inilah Tarian Daerah Indonesia yang Mendunia

No comment 227 views
Tarian Daerah Indonesia

 

Indonesia memiliki keanegaraman seni dan budaya. Setiap daerah, memiliki ciri seni dan budaya tertentu yang pastinya tidak sama satu dengan lainnya. Nah, salah satu kekayaan seni yang dimiliki Indonesia adalah berupa tari-tarian daerah. Beberapa tarian daerah Indonesia bahkan sudah sangat terkenal hingga ke antero dunia. Sehingga sudah sepatutnya lah kita bangga pada negeri kita tercinta ini, karena masyarakat dunia telah mengakui keunikan tarian tradisional warisan leluhur kita itu.

Kita boleh berbangga hati, lantaran saat ini pertunjukkan tari-tarian daerah telah berhasil memikat wisatawan untuk datang berkunjung ke Indonesia. Sembari menikmati keindahan alam, tarian daerah yang telah menjadi jati diri bangsa ini juga membuktikan bahwa keberagaman tari daerah dapat dinikmati menjadi pertunjukkan sangat istimewa. Dari sini pula, dunia pariwisata Indonesia menjadi hidup sehingga dapat mendatangkan devisa untuk negara.

Nah, ingin tau apa saja tarian daerah asli Indonesia yang sekarang sudah mendunia? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Tari Bali

Siapa yang tidak kenal dengan tari Bali? Bagi wisatawan mancanegara, tari Bali sudah menjadi bagian rangkain kegiatan wisata yang harus dikunjungi bila berkunjung ke Bali. Tari-tari seperti tari Pendet, Tari Leak menjadi sebuah pertunjukkan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Tari Bali sangat dikagumi oleh wisatawan asing khususnya yang berasal dari Amerika, Australia, Thailand, Malaysia, Jepang dan Cina. Bahkan semakin asiknya tarian ini, tak jarang mereka yang tadinya hanya sekedar ingin menyaksikan penampilan, justru malah bergelut dengan belajar tari Bali.

2. Tari Saman

Tari Saman, merupakan tarian asli Indonesia yang berasal dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Tarian ini sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan dihampir setiap acara ke Negaraan selalu menampilkan tari Saman sebagai tarian sambutan untuk tamu-tamu asing dari berbagai negara

Keunikan tari Saman yang menjadi daya tarik mancanegara adalah karena dilakukan pada posisi duduk. Selain itu, tarian ini juga menuntut kekompakan pada setiap gerakannya, sehingga sangat selaras dan indah. Namun tak hanya itu saja, musik yang dihasilkan dengan cara menepukkan tangan ke dada disertai dengan gerakan yang sangat cepat juga menjadi sebuah pertunjukkan yang luar biasa. Wajar jika banyak wisatawan asing yang kagum dengan tarian ini.

3. Tari Reog Ponorogo

Tari Reog merupakan tari tradisional masyarakat Ponorogo di Jawa Timur. Tarian ini sudah ada sejak jaman nenek moyang dahulu. Reog memang sangat kental dengan hal-hal mistis, sebab disetiap penampilannya, selalu disertai dengan ‘sesajian’ agar penari dapat mengangkat kepala Reog yang beratnya hingga puluhan kilo itu dengan menggunakan mulut. Namun inilah yang justru menjadi daya tarik wisatawan. Mereka yang penasaran dengan kemampuan penarinya, tak jarang untuk mencoba melakukan tarian ini.

4. Tari Jaipong

Tari Jaipong asal Jawa Barat juga masuk ke dalam salah satu tarian asli Indonesia yang populer hingga ke Mancanegara. Dalam adat budaya Sunda, tari Jaipong (Jaipongan) merupakan tari pergaulan masyarakat Sunda. Jadi tidak heran, kebanyakan wanita Sunda sangat piawai menarikan tarian ini.

Tari Jaipong biasa dihadirkan pada acara-acara kebudayaan, selain itu Jaipongan juga kerap ditampilkan saat menyambut tamu-tamu dari mancanegara yang berkunjung ke tempat-tempat wisata populer di Jawa Barat. Tari ini biasa dilakukan oleh wanita-wanita muda dengan paras cantik jelita. Sehingga akan sangat indah bila dipadukan dengan gerakan tarian yang gemulai khas Sunda.