Tips Memilih Jam Tangan Sport Untuk Pria

No comment 134 views
Jam Tangan Sport

 

Olahraga bagi Pria sudah menjadi sebuah kebutuhan. Selain untuk menjaga penampilan agar tubuh tetap proporsional, olahraga juga berguna untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang oleh penyakit. Saat berolahraga, biasanya Pria menggunakan aksesoris untuk melengkapi penampilannya. Mulai dari topi, ikat kepala, handband, hingga jam tangan sport yang tahan terhadap air. Untuk urusan jam tangan yang akan digunakan saat berolahraga, sebaiknya menggunakan jam tangan yang tahan air (water resistant). Bukan hanya diperlukan pada saat olahraga berenang saja, olahraga seperti berjalan, berlari, fitness dan sebagainya, seharusnya menggunakan jam tangan water resistant. Ini dikarenakan aktifitas olahraga yang menghasilkan keringat, dan bila keringat ini masuk ke dalam jam, maka bisa-bisa jam yang digunakan akan rusak. Maka dari itu, agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya selalu gunakan jam tangan khusus saat berolahraga.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memilih jam tangan untuk kebutuhan olahraga. Yang perlu Anda perhatikan adalah dari bahan yang digunakan, kualitasnya, hingga sifatnya yang water resistant atau tidak. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Bahan Baku Jam Tangan

Jam tangan untuk olahraga sebaiknya menggunakan bahan yang terbuat dari stainless steel. Bahan ini merupakan bahan terbaik yang digunakan pada jam tangan karena sudah teruji lebih kuat dan tahan lama. Selain itu, jam dengan bahan stainless steel akan membuat penampilan Pria menjadi lebih elegan. Namun kelemahannya, bahan stainless steel lebih berat, sehingga kemungkinan akan membuat tangan lebih cepat lelah saat menggunakannya.

Selain stainless steel, ada pula bahan yang lebih ringan yakni yang terbuat dari karet. Jam tangan dengan bahan karet ini memang lebih nyaman digunakan untuk aktifitas olahraga. Sebab selain ringat, bahan ini juga lentur.  Namun bahan ini juga punya kelemahan, yakni tidak bisa digunakan pada olahraga air. Jika digunakan untuk olahraga air, jam bisa mengeras diakibatkan kaporit di dalam air kolam. Selain itu, dapat menyebabkan gatal dan iritasi.

  1. Water Resistant

Yang paling penting jika Anda ingin menggunakan jam tangan saat olahraga adalah pilih jam tangan yang bersifat water resistant. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada jam bila terkena air yang berasal dari keringat, hujan ataupun memang sengaja digunakan untuk berenang.

Perlu diketahui bahwa meskipun jam tangan bersifat water resistant, namun penggunaannya tetap terbatas. Bila digunakan pada olahraga berenang, jam tangan water resistant hanya mampu bertahan hingga kedalaman beberapa meter saja. Kebanyakan sih hanya bisa bertahan pada kedalaman10 meter. Jika lebih dari itu, biasa akan muncul titik air (embun) pada jam tangan. Dan bila tidak segera di atasi, maka dapat membuat jam menjadi rusak.

  1. Detail Jam Tangan

Selain sebagai perlengkapan untuk berolahraga. Jam tangan sport juga bisa digunakan sebagai perhiasan bagi kaum Pria. Maka dari itu, saat membeli jam tangan, perhatikan juga detail jam tangan yang akan Anda beli. Anda harus menentukan model jam tangan, sehingga terkesan keren bila Anda gunakan.

Sebagai makhluk yang selalu berfikir praktis, Anda juga harus bisa memilih jam tangan apa yang cocok untuk Anda kenakan. Tidak perlu terlalu banyak fitur didalamnya, lebih baik pilih yang simpel saja jika Anda hanya membutuhkan jam sebagai penunjuk waktu saja. Atau Anda juga bisa memilih jam tangan digital dengan fitur yang simple. Namun untuk yang satu ini, biasanya bahan yang digunakan adalah dari bahan karet sehingga tidak boleh terkena air.