Inilah Bahaya Gigi Berlubang Jika Tidak Segera Diobati

No comment 56 views
Gigi Berlubang

 

Tidak dapat dipungkiri jika masih banyak orang yang belum sadar akan pentingnya melakukan perawatan dan pemeriksaan gigi secara rutin. Sehingga tak jarang, akibat kurangnya perhatian ini, menyebabkan timbulnya masalah gigi berlubang. Terlebih, gigi merupakan bagian dari organ tubuh yang letaknya tersembunyi. Sisa makanan yang menempel dan tak terangkut saat melakukan penyikatan gigi, sering menimbulkan masalah kesehatan gigi. Sehingga jika tidak mendapatkan perawatan yang intensif, maka dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit gigi, bahkan pada tahap yang lebih serius lagi bisa berakibat fatal.

Masalah gigi memang tidak boleh dianggap remeh. Masalah ini biasanya ditandai dengan timbulnya lubang yang berwarna hitam atau coklat gelap di bagian permukaan gigi geraham. Memang kebanyakan masalah gigi ini terjadi pada anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan juga bakal terjadi pada orang dewasa. Jika hal ini tidak segera diobati dengan benar, maka dapat terjadi infeksi pada bagian tubuh lainnya, sehingga dapat menyebabkan tubuh mengalami berbagai gangguan kesehatan. Nah, berikut ini beberapa masalah yang bisa ditimbulkan akibat gigi berlubang.

1. Rasa nyeri yang hebat

Salah satu yang umum yang terjadi bila Anda mengalami masalah gigi yang berlubang adalah timbulnya rasa nyeri yang sangat hebat. Rasa nyeri yang dirasakan tergantung dari seberapa besar lubang yang ada pada gigi. Jika lubang pada gigi sudah sangat besar dan sampai ke lapisan saraf gigi, maka bersiaplah untuk merasakan nyeri yang teramat. Jika sudah seperti ini, maka secara tiba-tiba Anda akan mengalami sakit yang berdenyut-denyut dan kemudian akan hilang secara tiba-tiba. Namun, rasa sakit ini akan terus berulang, bila gigi tidak segera di tambal atau dicabut.

Tak hanya di bagian gigi saja yang akan merasakan nyeri akibat gigi yang berlubang. Rasa nyeri ini juga bisa menjalar hingga ke bagian telinga dan rahang Anda. Akibatnya, akan timbul sakit kepala. Jika kondisinya seperti ini, dapat mempengaruhi emosi Anda, sehingga Anda akan lebih murah marah ketika mendengar suara bising bahkan saat diajak untuk mengobrol.

2. Mempengaruhi struktur rahang

Masalah gigi berlubang yang berlarut-larut atau tidak segera diobati, dapat menyebabkan infeksi pada gigi. Dan parahnya lagi dapat menjalar hingga ke bagian gusi. Kondisi yang seperti ini, perlahan akan mempengaruhi struktur tulang rahang dan menyebabkan kerusakan pada bagian rahang Anda. Masalah ini dapat terjadi, saat gigi menjadi ompong karena pembusukan gigi. Maka secara otomatis, gigi pun akan bergeser dari kondisi awalnya. Pergeseran gigi ini akan mempengaruhi struktur gigi secara keseluruhan, sehingga akan berdampak pula ada struktur rahang Anda.

3. Terjadinya abses (kantong nanah)

Hal lain yang ditakutkan saat gigi menjadi berlubang adalah timbulnya infeksi pada bagian jaringan lunak di mulut dan rahang. Masalah ini biasa dikenal dengan nama abses atau kantong nanah. Abses sering terjadi pada bagian dan akan menimbulkan rasa sakit yang hebat. Abses terjadi lantaran adanya penempukan bakteri pada mulut, sehingga menimbulkan infeksi berupa kantong-kantong nanah. Jika abses tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat, maka bisa menjadi masalah yang serius pada gigi dan mulut Anda.

4. Penyakit gusi

Penyakit selanjutnya yang bisa ditimbulkan dari masalah gigi yang berlubang adalah timbulnya penyakit gusi (gingvitis). Penyakit ini bisa ditandai dari timbulnya rasa nyeri akibat peradangan pada area gusi yang juga bisa menjalar ke gusi lainnya. Biasanya gusi yang sudah mengalami peradangan akan tampak memerah dan bengkak. Dan jarang juga gusi akan berdarah saat disikat maupun di pegang.