Mengapa Si Kecil Perlu Memiliki Tabungan Anak?

No comment 60 views
Tabungan Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak-nya mendapatkan pendidikan yang terbaik sejak dari jenjang pendidikan usia dini hingga ke tingkat perguruan tinggi. Namun apakah orang tua sudah mempersiapkan segala sesuatunya sedari sekarang? Nah, biasanya pendidikan terbaik itu pastinya membutuhkan biaya yang juga tidak sedikit, loh!. Bila orang tua tidak segera membuka tabungan rencana untuk kepentingan pendidikannya sedari sekarang, bisa-bisa di masa mendatang, Anda akan kewalahan untuk mencukupi biaya pendidikan si kecil yang akan semakin bertambah mahal.

Nah, jika sudah begini salah satu cara yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan membuat tabungan pendidikan untuk si kecil. Tabungan ini termasuk dalam kategori tabungan rencana, dimana tabungan yang Anda buat memang dikhususkan untuk tabungan pendidikan saat si kecil memasuki usia sekolah. Untuk mendapatkan tabungan ini juga tidak sulit. Anda bisa datang langsung ke bank-bank terdekat di kota Anda. Nanti petugas bank akan menginformasikan segala sesuatunya mengenai tabungan pendidikan tersebut. Dan rata-rata, semua bank memiliki program tabungan pendidikan, jadi silahkan Anda pilih bank mana yang ingin Anda datangi.

Untuk Anda yang memiliki rencana untuk membuka tabungan bagi pendidikan si kecil. Berikut adalah beberapa alasan, mengapa begitu pentingnya si kecil memiliki tabungan pendidikan.

  1. Dana untuk Pendidikan Anak Telah Pasti

Banyak hal yang tidak pasti terjadi di dunia ini, termasuk dengan pekerjaan. Mungkin saat ini Anda masih bisa berpenghasilan dan mendapatkan sejumlah uang, namun apakah ‘tidak mungkin’ suatu saat Anda akan berhenti bekerja dan menghasilkan uang?

Dengan membuka tabungan pendidikan anak sejak dini, setidaknya Anda sudah mempersiapkan dana bagi pendidikan si kecil. Jadi saat Anda sudah tidak lagi bekerja, pendidikan anak tidak terganggu oleh persoalan uang. Anak tetap bisa bersekolah dengan tenang, karena biaya pendidikannya sudah Anda persiapkan sejak jauh-jauh hari. Selain itu, dengan membuka tabungan pendidikan, anggaran untuk pendidikan anak juga lebih aman karena tidak lagi tercampur dengan keperluan harian.

  1. Mengenalkan Manfaat Menabung bagi Anak

Meskipun tabungan pendidikan ini bersifat rahasia, namun sebaiknya Anda tidak menyembunyikannya pada anak Anda. Beri tahu si kecil, bahwa Anda telah mempersiapkan tabungan pendidikan untuknya. Jadi, sembari itu Anda turut mengajarkan kepada si kecil untuk pentingnya manfaat menabung.

  1. Mendapat Bunga

Sama halnya dengan tabungan deposito ataupun tabungan berjangka lainnya, bila Anda telah memiliki tabungan pendidikan, Anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa bunga bank. Besar bunga yang Anda terima, tergantung dari bank dimana Anda membuka tabungan pendidikan. Yah, meskipun jumlahnya tidak sebesar saat Anda menabung deposito, namun itu sudah cukup memberikan manfaat bagi Anda. Jadi, selain Anda bisa mendapatkan manfaat untuk dana pendidikan si kecil, Anda juga bisa memperoleh bunga yang cukup lumayan.

  1. Mendapatkan Fasilitas Asuransi

Alasan lain mengapa si kecil perlu dibuatkan tabungan pendidikan adalah karena fasilitas asuransi yang diberikan oleh pihak bank kepada Anda. Fasilitas asuransi ini biasanya diberikan gratis oleh pihak bank saat Anda membuka tabungan pendidikan. Anda akan dijelaskan mengenai manfaat asuransi tabungan pendidikan ini, dimana salah satu manfaatnya adalah saat Anda ‘meninggal dunia’ maka pihak asuransi akan membayar cicilan untuk tabungan pendidikan anak Anda hingga jangka waktu menabungnya berakhir. Dengan kata lain, meskipun Anda sudah ‘tidak ada’ lagi, pendidikan si kecil akan tetap berjalan sesuai dengan rencana yang Anda buat.