Efek Samping Operasi

No comment 85 views
Luka bekas operasi

 

Pemulihan pasca operasi kebanyakan tiak diperhatikan oleh pasien. Padahal hal ini juga sama pentingnya dengan keberhasilan proses operasi. Operasi memiliki risiko komplikasi dan juga beberapa efek samping pada tubuh yang bisa membuat anda kurang nyaman, Berikut ini adalah beberapa efek samping dari operasi.

  • Susah Buang Air Kecil

Banyak pasien yang mengeluh pasca-operasi mengalami susah buang air kecil. Biasanya pasien akan merasakan rasa perih saat buang air kecil atau air kencing yang keluar sangat sedikit. Bisa jadi hal demikian terjadi karena pengaruh obat bius atau pemasangan kateter untuk kencing, Saat proses operasi berjalan, pemasangan kateter berpotensi menimbulkan infeksi saluran kemih (ISK).

  • Sembelit

Gejala sembelit pasca-operasi bisa dibilang merupakan reaksi yang normal. Hal ini terjadi karena sebelum operasi dokter menyarankan kepada anda untuk puasa makan. Kombinasi antara tidak makan seharian, obat anestesi, obat bius dan stress atau rasa deg-degan menyebabkan anda kesulitan buang air besar. Maka sangat dianjurkan bagi pasien pasca-operasi mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan agar tak mengalami sembelit.

  • Luka Sayatan Bekas Operasi

Hal apa yang sering ditanyakan saat operasi adalah bagaimana caranya merawat luka bekas operasi. Sebenarnya tidak sulit, yang harus dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan sebelum menyentuhnya. Luka bekas operasi bisa terus nda pantau dari ke hari. Jika mengalami kemerahan, keluar nanah atau bengkak, segera konsultasikan kepada dokter karena hal itu merupakan gejala infeksi.

  • Sakit Tenggorokan

Selain sembelit dan susah buang air kecil, pasien juga seirng mengeluhkan mengalami sakit tenggorokan. Penyebab utamanya kemungkinan adalah karena mengalami dehidrasi. Hal ini terjadi karena dokter meminta anda untuk berouasa minum sebelum, selama dan sesudah operasi. Jika dokter sudah mengatakan tubuh anda sudah siap mengonsumsi cairan, segeralah minum untuk meredakan sakit tenggorokan

  • Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga bisa terjadi setelah anda melakukan operasi. Kemungkinan hal ini merupakan reaksi yang diberikan kepada tubuh atas obat bius atau obat-obatan lain yang diberikan oleh dokter. Namun mual dan muntah ini jika tidak ditangani juga bisa membahayakan. Oleh karena itu, segera konsultasi ke dokter, atau anda juga bisa membeli obat mual dan muntah di https://goapotik.com, situs apotik online terpecaya dan lengkap.