Jenis-jenis Nasi Tumpeng dan Maknanya

No comment 53 views

Tumpeng merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang masih lestari hingga saat ini. Tumpeng sebenarnya adalah olahan nasi yang dibentuk kerucut dengan hiasan yang terdiri dari lauk pauk dan di letakkan dalam sebuah nampan/tampah berbagai ukuran. Isi dari tumpeng sendiri sangat beragam, mulai dari aneka lalapan, ayam, telur, orek tempe, orek kentang, anek seafood dan sebagainya. Membuat tumpeng sebenarnya relatif mudah. Namun jika Anda tidak bisa membuatnya sendiri, Anda cukup memesannya di nasi tumpeng Jakarta Selatan.

Nasi Tumpeng Jakarta Selatan

Tumpeng biasa dihadirkan di macam-macam perayaan, seperti hari kelahiran, tasyakuran, maupun acara-acara spesial lainnya. Tumpeng juga banyak jenisnya tergantung perayaan apa yang sedang berlangsung. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis nasi tumpeng beserta maknanya.

  1. Tumpeng Seremonial 

Jenis tumpeng yang satu ini biasa dihadirkan pada acara-acara yang bertema bebas. Banyak orang yang menyebutnya sebagai tumpeng seremonial lantaran tumpeng jenis ini tidak memperhatikan makna filosofisnya. Tumpeng seremonial biasa di hias sebagus mungkin dan dipersembahkan untuk kegiatan-kegiatan seperti perlombaan 17-an dan semacamnya.

  1. Tumpeng Putih 

Tumpeng berwarna putih memang cukup jarang di temukan. Ini dikarenakan tumpeng yang melambang kesuciaan ini memang lebih sering dihadirkan pada saat melangsungkan upacara keagamaan atau yang bersifat sakral. Sama halnya dengan tumpeng lain, tumpeng putih disajikan dengan sayur dan lauk-pauk (ikan asin, tempe dan tahu bacem). Serta terdapat pula ayam goreng yang dimasak khusus dan biasa disebut ayam ingkung.

  1. Tumpeng Nasi Kuning

Kalau Anda adalah pecinta nasi kuning, pastinya Anda sudah tahu betul perawakan tumpeng nasi kuning ini. Tumpeng nasi kuning merupakan tumpeng yang paling umum di temukan pada acara-acara tasyakuran, seperti momen kelahiran, ulang tahun maupun pernikahan. Tumpeng nasi kuning juga bisa disajikan pada acara-acara yang bersifat seremonial.

Tumpeng nasi kuning biasa disajikan bersama dengan abon, perkedel, irisan telur dadar dan lalapan. Warna kuning pada nasi tumpeng ini diperoleh dari nasi yang di aron bersama kunyit, sehingga memiliki warna yang khas dan menggugah selera.

  1. Tumpeng Pungkur

Meski terkesan asing, namun tumpeng jenis ini juga biasa dihadirkan pada acara-acara yang sifatnya duka atau bagi yang ingin berniat tolak bala. Bentuk tumpeng pungkur berbeda dari biasanya. Tumpeng pungkur berbentuk gunungan dan dibelah menjadi dua bagian. Dimana dalam penyajiannya, disusun saling bertolak belakang. (ungkur – ungkuran).