Mau Pilih Kulkas Satu, Dua Atau Tiga Pintu?

No comment 16 views
Kulkas hemat energi

 

Salah satu perlengkapan rumah tangga yang terbilang wajib dimiliki adalah kulkas. Selain karena bisa menyimpan makanan agar tetap dingin, kulkas adalah produk yang tahan lama. Jadi sekali membeli Anda bisa menggunakannya selama bertahun-tahun. Kini hadir banyak pilihan kulkas, dari yang satu pintu, dua hingga tiga pintu dengan desain dan manfaatnya masing-masing, mana yang paling bagus?

Karakteristik Kulkas Berdasarkan Jumlah Pintu

Memiliki kulkas hemat energi atau kulkas biasa dengan satu pintu, dua atau tiga pintu sebenarnya tak ada yang melarang. Hanya saja perlu dipertimbangkan tempat meletakkan dan pemenuhan kebutuhan Anda akan kulkas tersebut. berikut ini beberapa karakter kulkas berdasarkan jumlah pintunya tersebut.

Kulkas Satu Pintu

Kulkas satu pintu biasanya memiliki tinggi berkisar 120 sentimeter dengan lebar 50an sentimeter. Gagang pintunya berada pada bagian kiri atau kanan atas kulkas, yang biasanya didesain elegan dan gampang dibuka dan ditutup. Ini merupakan generasi kulkas pertama yang dibuat oleh produsen lemari pendingin.

Di dalamnya terdapat freezer pada bagian atas yang ditutuo dengan pintu khusus agar suhu dinginnya tetap maksimal. Biasanya di bawah freezer terdapat dua rak dan satu bagian penyimpanan makanan, sedangkan di sisi pintu terdapat rak telur dan tempat untuk meletakkan minuman dan botol. Kulkas jenis ini cocok untuk keluarga dengan anggota maksimal empat orang saja.

Kulkas Dua Pintu

Lain halnya dengan kulkas dua pintu yang memiliki tinggi sekitar 150an semtimeter. Beberapa jenis kulkas ini banyak dipasarkan. Ada yang memiliki dua pintu yang terdiri dari pintu atas yang ukurannya lebih kecil dan merupakan freezer, sedangkan pintu bawah merupakan kulkas dengan suhu dingin standar. Ada juga yang freezer  berada di pintu bagian bawah dengan ukuran lebih kecil dari pintu atas.

Ada juga jenis side by side, terdapat dua pintu ukuran sama di bagian tengah kulkas. Keduanya punya fungsi sama. Ada yang dilengkapi tombol air dingin di bagian pintu untuk memudahkan minum air dingin tanpa harus buka kulkas seperti produk Panasonic https://www.panasonic.com/id/consumer/kitchen-appliances/refrigerators/2-door-series/nr-bb211q.html yang banyak dipilih.

Kulkas Tiga Pintu

Kulkas ini banyak di pakai di restoran untuk menimpan bahan makanan dalam jumlah banyak, karena tiga pintunya memiliki ruang yang besar. Ada yang didesain dua pintu di bagian kanan atau kiri secara horizontal dan satu pintu besar di sisi lainnya. ada juga yang didesain dengan tiga pintu bertingkat dari atas hingga bawah dengan fungsinya masing-masing.

Dengan mengetahui karakter dari kulkas berdasarkan jumlah pintunya, tentu akan memudahkan Anda untuk memilih ingin membeli kulkas berapa pintu. Karena pada intinya fungsi tetap saja, hanya saja kapasitanya yang berbeda dan tentunya harga yang disesuaikan dengan jumlah pintu dan ukurannya. Sudah menentukan pilihan?