Ini Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

No comment 23 views

dolce gusto

Meminum kopi sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia sejak lama. Banyak jenis-jenis kopi yang berasal dari Indonesia yang sudah dikenal sampai ke mancanegara. Dua diantaranya, adalah kopi dari jenis arabika dan robusta. Jenis kopi ini memiliki cita rasa yang khas sehingga wajar saja jika pada akhirnya banyak orang yang menjadi penikmatnya.

Selain jenis kopinya, teknik-teknik membuat kopi juga memberi pengaruh besar pada rasa asli kopi itu sendiri, mulai dari cara tradisional ataupun menggunakan mesin canggih peracik kopi seperti dolce gusto. Semua itu tergantung pada selera masing. Namun apapun cara yang dilakukan, pastilah ada perbedaan dari rasa, aroma maupun tekstur kopi itu sendiri. Nah jika Anda adalah pecinta kopi, sebaiknya pahami terlebih dahulu jenis kopi yang akan Anda nikmati. Berikut adalah beberapa perbedaan kopi arabika dan robusta yang perlu Anda ketahui;

  1. Lokasi tanam

Kopi arabika tumbuh baik di dataran tinggi sekitar 700-1700 mdpl dan suhu sekitar 16-20 derajat Celsius. Jika kopi arabika di tanam pada dataran yang kurang dari itu, maka pertumbuhannya akan terhambat, rentan terhadap penyakit karat daun, dan rentan terserang virus Hemileia Vastatrix (HV). Sebaliknya dengan kopi robusta, kopi jenis ini justru akan tumbuh lebih bagus pada dataran di bawah 700 mdpl. Karena kopi robusta berbuah pada suhu udara yang hangat.

  1. Bentuk biji

Bentuk biji dari kopi jenis arabika dan robusta itu tidak sama. Bentuk biji kopi arabika sedikit memanjang dan pipih. Selain itu, butiran bijinya juga berukuran lebih besar. Berbeda halnya dengan kopi jenis robusta, bentuk biji lebih bulat dan padat. Namun dari segi ukuran, biji kopi robusta lebih kecil di banding arabika. Atas perbedaan ini, maka teknik roasting kedua jenis kopi ini pun juga berbeda.

  1. Rasa dan aroma kopi

Pada dasarnya rasa dan aroma kopi tetap menjadi pertimbangan awal dalam memilih jenis kopi yang siap untuk dinikmati. Kopi jenis robusta, memiliki aroma yang kuat dan cenderung kasar. Namun kopi robusta memiliki cita rasa yang netral. Sementara kopi arabica, mempunyai aroma dan rasa yang lebih variatif. Pada saat di roasting, biji kopi arabica akan mengeluarkan aroma seperti buah blueberry.