Cara Sederhana Untuk Mencegah Penularan Virus Corona

No comment 139 views

covid test

Corona virus atau yang biasa disebut dengan nama covid-19 menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang di hampir di seluruh belahan bumi. Wabah ini selain sangat mematikan, juga sangat cepat penularannya. Buktinya saja, meski sudah dilakukan berbagai upaya untuk mencegah penularannya, seperti dengan melakukan covid test massal di sejumlah wilayah, namun penyebaran virus ini masih saja terus terjadi. Bahkan kabarnya, saat ini telah terjadi penyebaran virus gelombang kedua di suatu wilayah di negara China.

Karena sangat berbahayanya virus ini, pemerintah dunia tak terkecuali di Indonesia, mulai melakukan berbagai sosialiasi dan membuat sejumlah peraturan demi menekan penyebaran virus covid-19. Nah, untuk mendukung upaya pemerintah tersebut, sebagai warga negara yang baik sudah selayaknya kita mengikuti peraturan yang sudah di buat. Peraturan-peruturan yang berlaku itu juga merupakan hasil himbaun dari badan kesehatan dunia (WHO).  Kita harus menyadari, bahwa program pencegahan penularan covid-19 ini tidak akan berhasil bila kita tidak patuh pada poin-poin yang menjadi anjuran pemerintah. Untuk itu marilah mulai dari diri sendiri dengan melakukan melakukan hal-hal sebagai berikut;

  1. Biasakan Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan merupakan langkah awal untuk memutus penyebaran virus corona. Jika Anda sudah terbiasa untuk cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, maka seharusnya kebiasaan ini tidak menjadi sesuatu yang sulit bagi Anda. Mencuci tangan haruslah dengan air mengalir dan akan lebih baik lagi jika menggunakan sabun yang mengandung anti-septic. Kegiatan cuci tangan ini hanya memerlukan waktu 20 detik. Dengan pola mencuci tangan yang benar, maka kuman-kuman yang menempel pada telapak, sela-sela jari akan mati dan terbuang bersama air. Jika sudah, lalu segera keringkan tangan dengan handuk yang bersih.

Kegiatan mencuci tangan ini pada kondisi tertentu mungkin tidak dapat dilakukan lantaran beberapa alasan. Sebagai gantinya Anda bisa menggunakan hand sanitizer atau yang paling minimal membersihkan tangan dengan tissue basah.

  1. Cek Kesehatan Anda Secara Berkala

Melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan tubuh juga sangat penting untuk menjaga tubuh selalu dalam kondisi yang baik. Pengecekan ini bisa dilakukan melalui bantuan tenaga medis di rumah sakit, atau secara mandiri dengan melakukan konsultasi online lewat aplikasi Halodoc.

Saat ini situs Halodoc sudah bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit di tanah air untuk upaya penanggulangan wabah covid-19. Anda bisa melakukan konsultasi pada dokter-dokter spesialis bila mendapati tanda-tanda sakit yang mirip dengan gejala covid-19. Nanti, dokter akan melakukan diagnosa sementara kondisi kesehatan Anda. Bila didapati sesuatu yang mengarah ke gejala covid-19, maka untuk memastikannya Anda bisa melakukan Rapid Test ataupun Swap Test di rumah-rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc.

  1. Menggunakan Masker dan Menerapkan Social Distancing 

Hal sederhana lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan covid-19 adalah dengan membiasakan diri untuk menggunakan masker bila keluar rumah atau berhadapan dengan khalayak ramai. Penggunaan masker terutama masker medis, sangat dianjurkan dan cukup efektif untuk mencegah penularan virus corona hingga 90%. Dan sebaiknya hindari penggunaan masker yang tidak dilengkapi dengan bahan aktif untuk membunuh virus, seperti masker kain dan sejenisnya. Karena masker-masker tersebut hanya bisa memfilter debu. Sedangkan kuman ataupun virus tetap dapat masuk melalui pori-pori masker kain.

Selain itu penerapan social distancing juga sangat diperlukan untuk memutus penularan virus yang bisa menyebar lewat sentuhan. Saat ini di tempat-tempat umum sudah diberlakukan social distancing dengan memberikan jarak aman (1 meter) antar orang, misalnya saja di lift-lift, bank, rumah sakit, ataupun tempat-tempat umum lainnya. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu mengikuti aturan yang sudah ditetapkan agar mata rantai penyebaran covid-19 dapat di putus.