Tips Bisnis Terhindar dari Banyak Pinjaman Modal

No comment 35 views

hutang

Saat pertama kali memulai bisnis, Anda mungkin perlu uang tunai dan mungkin perlu melakukan hutang untuk bisa mencapai modal yang dibutuhkan. Anda bisa mendapatkan modal dengan mengambil pinjaman atau membuka kartu kredit. Namun berhati-hatilah, karena terlalu banyak hutang akan berisiko pada bisnis Anda.

Jika Anda berutang terlalu banyak, maka Anda akan sulit untuk melunasinya. Ikuti 5 tips di bawa ini untuk membantu perusahaan Anda menjadi bebas dari hutang.

Tips Terbebas Dari Banyak Hutang

  1. Catat Hutang Anda

Langkah pertama agar Anda bebas dari banyak pinjaman adalah menentukan berapa banyak Anda berutang. Buatlah daftar setiap utang yang dimiliki bisnis kecil Anda, termasuk pinjaman, , kartu kredit, dan pembayaran vendor. Anda juga bisa mencatat setiap kewajiban dan pembayaran bulanan. Lalu, putuskan mana yang akan Anda usahakan untuk membayarnya terlebih dahulu. Ada dua metode umum:

  • Mulailah dengan pinjaman yang memiliki tingkat bunga rendah
  • Bayar pinjaman dengan saldo terendah terlebih dahulu, lalu tambahkan pembayaran bulanan ke kewajiban berikutnya dan lanjutkan.
  1. Tinjau Perjanjian Pinjaman

Tinjau perjanjian pinjaman Anda dan kemudian tanyakan pada diri Anda apakah Anda berada dalam situasi keuangan yang sama seperti ketika Anda pertama kali menandatangani dokumen. Sekarang Anda mungkin memiliki riwayat kredit yang bagus atau memenuhi syarat untuk suku bunga yang lebih rendah. Jika Anda berada dalam situasi keuangan yang lebih baik, pertimbangkan untuk membiayai kembali liabilitas Anda.

  1. Temukan Pemasok yang Bisa Diajak Bernegosiasi

Jika Anda membeli bahan-bahan produksi bisnis secara kredit dan memiliki kontrak panjang dengan pemasok Anda, minta tawaran harga dan ketentuan pembayaran yang lebih baik. Saat Anda bernegosiasi, tekankan riwayat pembayaran dan kerjasama panjang Anda dengan mereka.

Jika Anda membeli dalam jumlah besar, maka biasanya Anda akan lebih mudah untuk melakukan negosiasi. Namun apabila Anda tidak membeli dalam jumlah besar, pertimbangkan untuk bekerja sama dengan bisnis kecil lainnya yang mudah diajak negosiasi terkait biaya.

  1. Atur Pinjaman Anda

Jika Anda memiliki banyak pinjaman, cobalah untuk mengaturnya dengan sebaik mungkin sehingga Anda hanya memiliki satu pembayaran setiap bulan. Cara ini umumnya akan mengurangi pembayaran bulanan Anda, tanpa memengaruhi skor kredit Anda secara negatif.

  1. Potong Biaya Pengeluaran Bisnis

Memotong biaya dapat membantu Anda membebaskan sejumlah uang tunai untuk membayar hutang Anda. Tinjau pengeluaran Anda untuk melihat di mana Anda dapat mengurangi pengeluaran bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut tentang cara menghemat uang dalam bisnis kecil Anda.

  1. Tinjau anggaran Anda

Anda mungkin menulis anggaran awal Anda berdasarkan tujuan dan proyeksi Anda, bukan angka aktual Anda. Sekarang Anda memiliki bilangan real, Anda dapat meninjau kembali anggaran Anda dan membuat perkiraan yang lebih baik. Setelah memperhitungkan biaya tetap dan variabel, cari dana tambahan untuk membayar hutang Anda.

Anda bisa mengunduh aplikasi keuangan untuk mempermudah Anda mencatat hutang Anda secara rinci. Unduh saja aplikasi bernama Buku Kas, aplikasi yang akan mempermudah Anda mencatat segala detail hutang dan akuntansi bisnis Anda.