Inilah Perkembangan Anak Umur 5 Tahun Yang Perlu Diketahui

Perkembangan Fisik Anak

Usia 5 tahun merupakan periode emas pertama bagi seorang anak. Banyak perubahan besar yang terjadi pada rentang usia ini, mulai dari perkembangan fisik, kognitif hingga kemampuan anak untuk berbicara dan berkomunikasi dengan teman sebaya. Semua perkembangan itu tentunya harus Anda ikuti. Ini berguna untuk mengetahui sejauh apa perkembangan yang terjadi pada anak Anda. Sebab, pada dasarnya setiap anak itu unik, sehingga dengan mengamati perkembangannya maka orang tua bisa segera mengambil tindakan, bilamana ada hal-hal yang mungkin mengalami keterlambatan. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, berikut ulasan mengenai apa saja perkembangan yang bisa dilihat orang tua saat anak berumur 5 tahun;

  1. Perkembangan fisik anak umur 5 Tahun

Ketika anak menginjak usia 5 tahun, perkembangan pertama yang bisa Anda temui adalah perubahan pada bentuk fisiknya. Anda akan melihat balita Anda yang semula lucu dan menggemaskan, kini tumbuh tinggi dan pintar dalam berbahasa. Pertambahan tinggi badan biasanya dibarengi dengan tubuh yang menggemuk. Selain itu, tubuhnya yang diselimuti lemak mulai tampak berotot, sehingga bobot tubuhnya pun menjadi lebih berat.

Begitu pula dengan kemampuan motorik si anak, akan semakin membaik. Hal ini bisa dilihat dari aktifitasnya yang lebih aktif dengan lebih banyak aktifitas berlari dan melompat. Pada usia 5 tahun, biasanya anak sudah bisa menggunakan toilet sendiri, memanjat sesuatu hingga berdiri dengan satu kaki selama lebih dari 10 detik.

  1. Perkembangan emosi anak umur 5 tahun

Di usia emas ini anak juga lebih bisa mengekspresikan perasaannya. Ini menandakan bahwa perkembangan emosi anak di usia 5 tahun berlangsung dengan baik. Anak akan lebih bijak menanggapi sesuatu, dan cenderung lebih suka ketika diberikan perintah langsung kepadanya. Selain itu ia juga sudah mulai bisa memainkan emosinya. Ketika ada sesuatu hal yang tidak ia sukai, atau yang mengganggu aktifitasnya, maka ia cenderung akan lebih murah marah hingga meraung-raung karnanya. Jika sudah begini, anak akan sulit untuk dikendalikan. Untuk itu orang tua perlu menjaga emosi si kecil agar tidak sampai mengganggu kestabilan emosinya.

  1. Perkembangan kognitif anak umur 5 tahun

Hal lainnya yang bisa dirasakan orang tua saat anak berumur 5 tahun adalah kemampuan kognitif anak yang semakin menonjol. Di usia ini, si kecil sudah mulai bisa belajar konsep ‘benar’ dan ‘salah’. Jadi ia, sudah mulai mengerti ketika orang tua melarangnya untuk melakukan sesuatu dengan alasan yang tidak baik baginya.

Tak hanya itu saja, anak juga mulai memahami konsep waktu. Ia akan lebih mudah diatur tat kala orang tua memerintahkannya untuk segera makan, ataupun tidur saat waktunya tiba. Perkembangan selanjutnya yang bisa dilihat adalah saat si kecil mulai duduk dibangku sekolah (tk). Dengan usia seperti itu, ia akan lebih mudah menjalin hubungan pertemanan dan belajar hal-hal baru di sekolah.

  1. Kemampuan berbahasa anak umur 5 Tahun

Kemampuan berbahasa anak pun semakin baik. Biasanya anak yang sudah berumur 5 tahun, sudah bisa berkata-kata dengan jelas, yah, walaupun tidak terjadi pada semua anak. Namun anda dapat merasakan sendiri perbedaannya. Anak-anak juga lebih mudah berkomunikasi dengan temannya. Sehingga dapat memperkaya kosa-kata yang digunakan dalam berkomunikasi. Sesekali Anda juga akan mendapati anak-anak bernyanyi lagu-lagu kesukaannya.