Tips Perawatan Luka Kanker Untuk Percepat Penyembuhan

No comment 29 views

perawatan luka kanker

Penyakit kanker yang kondisinya sudah memburuk atau masuk dalam tahapan kronis, memang tidak dapat dipungkiri ia dapat menyebabkan terjadinya luka luar. Apalagi jenis kanker tertentu layaknya kulit bahkan juga kanker payudara. Kemungkinan luka luarnya terbilang begitu besar jika tak segera diobati bahkan dapat memicu terjadinya infeksi yang semakin parah. Perawatan luka kanker di rumah juga sangat mungkin untuk dilakukan, hal ini tentunya bisa lebih menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatannya.

Perawatan juga tak dapat dilakukan secara sembarangan. Karena jika seandainya tidak tepat maka justru memicu kondisi yang kian memburuk. Seperti diantaranya adalah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, sampai dengan munculnya aroma yang tidak sedap hingga pembusukan. Itulah mengapa bagi beberapa yang belum terbiasa lebih senang mempercayakannya kepada dokter ataupun juga perawat, tenaga medis bisa jauh lebih baik di dalam merawatnya. Berikut ini diantaranya ada beberapa upaya yang bisa diterapkan saat Anda merawat luka tersebut, agar tidak memburuk bahkan mengeluarkan bau, yaitu:

  1. Gunakan kain kasa, jika seandainya luka tersebut mengeluarkan aroma atau bau yang kurang sedap. Maka Anda bisa menyiasatinya dengan pemakaian lapisan pengontrol bau, umumnya terbuat dari charcoal yang dapat menurunkan kadar bau pada luka, diantaranya adalah acticorb silver 22 hingga carboflex.
  2. Pemakaian antibiotik, antibiotik ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau yang kurang sedap tersebut, karena dapat membunuh bakteri penyebab bau.
  3. Cuci secara hati-hati dengan memakai air hangat, bisa juga dengan mengandalkan NaCl 0.9 persen, hanya saja pemakaian larutan yang satu ini nantinya akan menghasilkan efek samping berupa rasa perih dan kurang nyaman. Sementara itu Anda juga dapat memakai antiseptik topikan, seperti diantaranya adalah povidone iodine maupun juga hidrogen peroxida.

Penting juga perawatan tersebut tak hanya dilakukan dari luar, melainkan juga perawatan dari dalam, yaitu dengan cara menjaga asupan makanan yang dikonsumsi, karena nyatanya beberapa jenis makanan memang bisa memperparah kondisi luka, membuatnya sulit untuk sembuh dan juga semakin bau. Berikut ini diantaranya jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama mengalami luka karena kanker, yaitu:

  1. Gula, tidak dapat dipungkiri jika seandainya senyawa glukosa ini memang kurang baik bagi luka, karena jika seandainya darah tinggi kandungan gulanya. Maka akan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Termasuk diantaranya adalah memperlambat proses penyembuhan luka. Karena menganggu kinerja dari sel darah putih di dalam menghancurkan bakteri yang ada.
  2. Makanan dengan kandungan rempah, jenis rempah adiktif seperti diantaranya adalah jahe dan juga kunyit kurang begitu baik bagi luka yang sifatnya terbuka atau ada di luar tubuh. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di John Hopkins Medical School, rempah ini dapat mengurangi terjadinya penggumpalan darah yang sebenarnya bagus untuk mempercepat proses pengeringan. Sehingga dengan konsumsinya hanya akan menambah lama proses pengeringan atau penyembuhan luka tersebut. Untuk itu patut berhati-hati, batasi asupannya.

Perawatan luka kanker di rumah ini nyatanya memang sangat mungkin untuk dilakukan selain dengan perawatan di rumah sakit. Hanya saja terkadang ada beberapa orang yang tidak sanggup melakukannya sendiri. karena rasa takut saat melihat darah ataupun juga pada aroma yang dikeluarkan oleh luka tersebut. Anda yang termasuk golongan semacam ini juga tak perlu khawatir. Karena nyatanya ada layanan homecare yang dapat diandalkan, pesan saja lewat Aido Health.