Penyebab dan Cara Mengatasi Masuk Angin

No comment 43 views

Penyebab dan Cara Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Dimana masuk angin merupakan jenis penyakit yang menyerang kekebalan tubuh dan paling sering dialami ketika musim penghujan. Masuk angin sendiri bisa terjadi karena berbagai hal yang menyebabkannya. Dimana penyakit ini pada umumnya mempunyai gejala seperti flu yaitu tidak enak badan, bahu terasa keras, kepala pusing, hidung tersumbat, dan yang paling sering adalah mengalami mual, muntah, dan perut kembung. Penyebab penyakit ini disebabkan oleh sering berdagang, mempunyai pola makan tidak teratur, terlalu banyak kafein, dan juga kedinginan. Adapun untuk cara mengatasi masuk angin yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut ini:

1. Minum air putih

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi masuk angin adalah dengan memperbanyak minum air putih. Khasiat air putih memang sangat banyak untuk kesehatan, sehingga Anda perlu mengkonsumsi air putih yang cukup setidaknya 8 gelas sehari. Mengkonsumsi air putih yang cukup ini juga dapat untuk mengatasi masuk angin karena dapat membantu mengontrol suhu tubuh, sehingga akan bermanfaat untuk meringankan demam. Selain air putih, Anda bisa mengkonsumsi teh manis hangat yang akan membuat perut terasa lebih nyaman karena mengalami perut kembung dan rasa mual ketika masuk angin.

2. Istirahat yang cukup

Cara selanjutnya untuk mengatasi masuk angin adalah dengan cukup istirahat. Tidur adalah meditasi yang terbaik, sehingga selain dapat membuat pikiran lebih tenang juga bisa membuat badan merasa lebih enakan. Oleh karena itulah ketika masuk angin Anda bisa untuk beristirahat, sehingga nantinya rasa lesu, lemas, dan pusing yang dirasakan dapat berkurang bahkan juga hilang setelah tidur. Pastikan Anda tidur yang cukup ketika masuk angin dan hindari berdagang karena hal tersebut dapat membuat kondisi menjadi lebih buruk untuk kesehatan.

3. Menggunakan jaket dan pakaian tebal

Hal selanjutnya untuk dapat mengatasi masuk akal atau juga mencegah agar tidak masuk angin adalah dengan menggunakan jaket, pakaian tebal, dan juga selimut sehingga bisa mencegah kedinginan. Dengan menggunakan jaket dan pakaian tebal dapat untuk menghalau angin masuk ke dalam tubuh dan mencegah masuk angin. Selain itu juga hindari untuk menggunakan kipas, AC, dan alat sejenisnya ketika cuaca sudah dingin karena akan lebih mudah membuat masuk angin.

4. Olahraga rutin

Cara selanjutnya agar menghindari masuk angin adalah dengan rutin berolahraga dan juga mengkonsumsi makanan bergizi. Dengan melakukan olahraga rutin dapat meningkatkan sistem imun tubuh menjadi lebih baik. Oleh karena itulah lakukan olahraga rutin seperti dengan melakukan yoga, senam, renang, dan jenis olahraga lainnya. Olahraga tersebut juga diimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya yaitu mengkonsumsi makanan bergizi. Anda bisa memilih makanan yang sehat seperti buah dan sayur sehingga dapat membuat imun lebih baik. Selain itu juga bisa menghindari telat makan yang membuat perut kembung dan menjadi masuk angin.

5. Minum vitamin

Cara mengatasi masuk angin yang terakhir adalah dengan menjaga kesehatan badan dengan minum vitamin. Anda bisa mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Seperti pada umumnya bisa memilih vitamin C yang dapat menjaga imunitas tubuh. Selain itu juga ada banyak vitamin lainnya yang bisa dikonsumsi untuk membuat tubuh lebih sehat dan mempunyai kekebalan tubuh lebih baik untuk menghindari masuk angin.