Proses Gadai Sertifikat Rumah Bunga Rendah di Bank

No comment 26 views

gadai sertifikat rumah bunga rendah

Perbankan merupakan tempat terbaik yang bisa Anda pilih ketika membutuhkan bantuan dana. Dimana perbankan menawarkan produk pinjaman tanpa jaminan ataupun menggunakan jaminan. Sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satu jenis produk pinjaman yang bisa dipilih adalah pinjaman dengan gadai sertifikat rumah bunga rendah. Pinjaman di bank tersebut mempunyai banyak keunggulan, selain dengan bunga rendah nantinya juga mendapatkan plafon yang tinggi, dan tenor yang panjang. Sehingga bagi Anda yang menginginkan tempat yang aman dan juga keuntungan plafon tinggi hingga bunga rendah bisa memilih untuk mengajukan pinjaman menggunakan sertifikat rumah di bank. Adapun proses yang harus dilalui untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah juga mudah, yaitu dengan langkah seperti berikut ini:

1. Melengkapi syarat dan ketentuan

Keamanan merupakan kata kunci ketika Anda mengambil pinjaman di bank. Selain keamanan untuk pengambil pinjaman, bank juga melindungi dirinya sendiri dengan caranya sendiri. Salah satunya adalah dengan proses yang mudah tetapi harus valid. Oleh karena itulah ketika akan mengambil pinjaman di bank Anda penting untuk melalui proses melengkapi syarat dan ketentuan. Adapun untuk beberapa syarat yang umumnya diperlukan adalah KTP, kartu keluarga, passport, slip gaji, NPWP, agunan, dan syarat usaha. Sedangkan untuk syarat lainnya yang harus dipunyai adalah sudah mempunyai minimal usia mengajukan pinjaman, mempunyai penghasilan minimal per bulan yang telah ditetapkan, dan mempunyai riwayat kredit yang aman.

2. Proses pengajuan

Langkah selanjutnya setelah Anda menyiapkan berbagai syarat dan ketentuan yang dibutuhkan adalah dengan melakukan proses pengajuan. Dimana proses pengajuan ini juga sangat mudah yaitu bisa untuk datang langsung ke kantor cabang dari bank yang dipilih. Selanjutnya Anda akan diberikan form untuk diisi untuk mengajukan pinjaman yang dibutuhkan. Lakukan proses ini dengan teliti seperti dengan mengisi data dengan benar dan cek terlebih dahulu sebelum diserahkan sehingga tidak akan kesalahan data. Hal ini penting untuk dilakukan karena kebenaran data tersebut akan menjadi salah satu faktor kredit yang diterima atau ditolak.

3. Verifikasi data

Langkah selanjutnya yang harus Anda lalui adalah verifikasi data setelah mengajukan berbagai data, syarat, dan permohonan kepada pihak bank. Verifikasi ini dilakukan oleh bank untuk menilai kredibilitas yang telah diajukan. Selain itu bank juga melakukan BI Checking yang akan mengecek riwayat kredit debitur dalam jangka waktu 2 tahun terakhir. Proses ini penting untuk menilai kelayakan pemberian kredit dari perbankan.

4. Survei agunan

Langkah selanjutnya untuk pengajuan pinjaman dengan agunan sertifikat rumah adalah dengan survei agunan. Proses ini adalah survei yang dilakukan oleh pihak bank untuk menilai keadaan dan kelayakan jaminan yang diberikan. Survei ini akan menilai mengenai agunan tersebut baik secara fisik dan juga legalitas yang dimiliki. Pada proses ini juga nantinya bank akan melakukan proses taksiran nilai agunan yang diserahkan untuk bisa mengajukan besaran nilai pinjaman yang tepat.

5. Proses pencairan

Langkah terakhir untuk gadai sertifikat rumah bunga rendah yang terakhir setelah melakukan survei adalah proses pencairan apabila permintaan pinjaman disetujui. Proses pencairan ini akan mendapatkan dana cair yang besarannya adalah 75 persen dari nilai taksiran rumah Anda. Adapun untuk lama pencairan ini tergantung dari pihak perbankan yang menjadi pilihan Anda untuk mengajukan pinjaman. Bagi proses yang tidak disetujui bisa untuk mengetahui alasan pengajuan ditolak seperti karena lokasi rumah dan permintaan pinjaman lebih besar.