Apa Saja yang Harus Dihindari oleh Penderita Ambeien?

No comment 119 views

Ambeien merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi. Ambeien atau wasir ini bisa menyerang siapapun, baik pria ataupun wanita. Pada wanita, ambeien lebih sering terjadi ketika memasuki trimester ketiga kehamilan. Kondisi ini disebabkan oleh membengkaknya pembuluh darah yang terdapat pada anus (rektum). Meski bukan termasuk penyakit yang berbahaya, namun keberadaan ambeien jelas sangat menyiksa. Ambeian yang tidak segera diatasi, seringkali meradang sehingga menimbulkan rasa nyeri yang membuat duduk ataupun berbaring terasa tidak nyaman. Namun jika sudah sampai ke tahap yang parah, Anda membutuhkan obat ambeien untuk meredakan peradangannya.

obat ambeien

Perlu diketahui bahwa ambeien bisa muncul dan hilang dengan sendirinya. Misalnya pada masa kehamilan, ambeien akan muncul di trimester ketiga dan akan hilang 1 – 2 bulan setelah wanita melahirkan. Pada kondisi tubuh yang normal, timbulnya ambeien bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya ada ‘pantangan’ yang mungkin dilanggar. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dihindari oleh penderita ambeien;

  1. Makanan

Salah satu faktor yang membuat kondisi ambeien semakin meradang adalah makanan. Ada makanan-makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita ambeien, dan tentu ada pula yang mesti dihindari. Makanan-makanan dengan rendah serat sebaiknya dihindari sejak Anda mendapati tanda-tandanya ambeien, seperti daging, roti putih, susu, keju dan segala produk olahan susu lainnya. Jenis-jenis makanan ini, dapat menimbulkan sembelit (konstipasi). Sembelit dapat memperparah ambeien.

Nah, buat Anda yang ingin mengetahui informasi terkait pengobatan untuk ambeien. Anda bisa mengunjungi situs Halodoc.com, lalu ke tab “Artikel”. Ada banyak sekali informasi terkait ambeien yang di bahas di artikelnya. Atau jika Anda ingin membeli obat ambeien/ wasir, Anda hanya perlu menuju tab “Obat & Vitamin” pada halaman situs Halodoc. Selanjutnya tidak lakukan pencarian terkait, dan nanti akan muncul daftar obat-obatan yang bisa mengatasi masalah ambeien, lengkap dengan harganya.

obat ambeien

Selain makanan yang rendah serat, makanan yang tinggi kandungan garamnya juga perlu Anda hindari. Konsumsi garam yang terlalu banyak, dapat membuat tubuh menahan air sehingga sulit untuk larut. Air yang tertahan akan meningkatkan volume darah sehingga dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah. Jika kondisinya berlangsung lama, maka dapat dipastikan ambeien akan semakin parah.

  1. Mengejan saat buang air besar

Jika Anda sedang mengalami ambeien, maka sebaiknya hindari mengejan saat buang air besar. Kebiasaan mengejan sebenarnya kurang baik meskipun dalam kondisi normal sekalipun, apalagi saat menderita ambeien. Mengejan dapat menimbulkan konstipasi pada ambeien, sehingga dapat menimbulkan peradangan yang lebih parah lagi. Disarankan, saat Anda tidak bisa membuang feses lebih dari 2 menit, maka jangan pernah memaksakan untuk mengeluarkannya dengan cara mengejan. Sebaiknya, segera berhenti dan coba buang air besar lagi setelah beberapa menit ke depan.

  1. Membersihkan anus dengan produk berpewangi

Bagi penderita ambeien sebaiknya menghindari membersihkan anus dengan sabun atau produk sejenis ketika selesai buang air besar. Hal ini dikarenakan sabun mengandung wewangian yang dapat berefek mengeringkan area sekitar anus. Anus yang kering, akan menimbulkan rasa perih saat bergesekan. Dan semakin lama, akan membuat ambeien menjadi kering dan meradang. Maka dari itu, cukuplah membersihkan anus dengan air mengalir usai buang air besar.