Mengenal Protein dan Cara Memenuhi Kebutuhan Protein Harian

Protein, senyawa organik ini pastinya sudah Anda ketahui sejak lama. Bahkan sejak dibangku sekolah pun, sudah banyak pembahasan mengenai protein. Akan tetapi sudahkah Anda mengenal apa itu protein?

mengenal apa itu protein

Didalam kehidupan ini, selain mineral, senyawa organik juga sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat sepanjang hari. Protein juga merupakan senyawa komplek yang mengandung karbon, hidrogen, nitrogen serta sulfur dan juga fosfor. Di dalam tubuh kita, protein yang kita konsumsi kemudian di ubah menjadi asam amino yang kemudian akan menggantikan protein yang terdapat pada sel, jaringan ataupun organ tubuh lainnya yang mengalami kerusakan.

Kebutuhan protein pada anak-anak dan dewasa jelas tidak sama. Bahkan laki-laki dewasa dan perempuan dewasa pun kebutuhan proteinnya berbeda. Pada laki-laki dewasa (usia 30-49 tahun) setidaknya membutuhkan 65 gram protein dalam sehari, sementara pada perempuan dewasa kebutuhannya lebih sedikit yakni 57 gram sehari. Namun itu bukanlah sebuah angka yang mutlak, karena kebutuhan protein seseorang juga tergantung dari seberapa berat aktifitas fisik harian yang dilakukan.

Nah, untuk mencukupi kebutuahan protein harian tubuh, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan;

1. Konsumsi makanan yang ber-protein

Cara yang paling mudah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan protein adalah dengan mengkonsumsi makanan yang ber-protein. Makanan yang mengandung protein dapat meningkatkan produksi hormin PYY. Nah, hormon ini bertugas untuk membuat perut merasa kenyang.

Dan tak hanya itu saja, protein ini juga menurunkan kadar hormon ghrelin. Dimana hormon ini berfungsi sebagai pemicu rasa lapar dan melancarkan metabolisme. Biasanya hormon ini aktif ketika tubuh sedang istirahat ataupun setelah makan.

2. Makan beragam sumber protein nabati

Setiap sumber makanan memiliki kandungan asam amino esensial yang berbeda-beda. Protein yang berasal dari hewani, mengandung asam amino yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein yang berasal dari nabati. Maka dari itu Anda perlu mengkombinasikan keduanya sehingga kebutuhan protein harian Anda tercukupi.

Nah, lantas bagaimana jika Anda adalah seorang vegetarian?  Yah, meskipun kandungan asam amino pada protein nabati masih dibawah protein hewani, namun jumlahnya tersebut masih berada di atas kebutuhan harian protein orang dewasa yakni 57-65 gram per hari, kok. Jadi jangan khawatir, Ya! Bahan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum adalah sumber protein nabati yang tinggi akan asam amino.

3. Konsumsi sumber protein dari hewani

Selain protein nabati, protein hewani juga wajib Anda konsumsi setiap hari. Tidak harus banyak, karena Anda bisa mengkombinasikan makanan hewani ini dengan makanan nabati. Bahan makanan yang tinggi akan protein adalah daging merah, telur, ikan dan aneka jenis unggas. Bahkan makanan olahan sekalipun masih mengandung protein dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun saat Anda mengkonsumsi daging merah dan unggas, perhatikan juga kandungan lemaknya. Karena kedua jenis makanan hewani ini tinggi akan kandungan lemaknya. Nah, untuk mensiasatinya, Anda cukup mengolah bagian dagingnya saja. Dan menyingkirkan lemak diantara serat daging dan juga bagian kulitnya. Dengan begitu Anda bisa tetap mengkonsumsi protein hewani tanpa khawatir akan menambah tumpukan lemak dalam tubuh.