Cara Membuat Bisnis Startup Agar Sukses dan Berkembang

Tidak bisa dipungkiri jika pertumbuhan startup di Indonesia terus mengalami perkembangan yang positif. Banyak bisnis-bisnis startup baru, yang bermunculan sejak dimulainya era 4.0. Yah, bisnis ini memang menjanjikan peluang yang sangat besar, apalagi pelaku utama bisnis ini adalah mereka dari kalangan muda yang memiliki ide-ide yang sangat brilian. Andapun, bisa saja terjun di bisnis ini, asalkan Anda telah memenuhi syarat dasar untuk membuat bisnis startup.

Cara Membuat Bisnis Startup

Pengertian dan Syarat Membuat Bisnis Startup

Sebagai bisnis yang berhubungan dengan teknologi, startup merupakan bisnis yang sangat menjanjikan saat ini. Pengertian startup sendiri dapat disimpulkan sebagai sebuah bisnis yang belum lama beroperasi (bisnis rintisan), namun sudah masuk ke tahap pengembangan/ penelitian dan kemudian berusaha mendorongnya untuk terus menemukan pasar agar mampu berkembang.

Namun sebagai bisnis yang real, tentunya adalah persyaratan yang harus dipenuhi. Dimana sebuah bisnis startup setidaknya sudah berjalan selama 3 tahun dan telah memiliki karyawan minimal sebanyak 30 orang. Nah, bila dua syarat dasar ini telah dipenuhi, maka barulah Anda bisa mempersiapkan syarat lainnya seperti yang tersebut di bawah ini;

  1. Persiapkan Modal

Seperti perusahaan pada umumnya, bisnis startup juga membutuhkan modal yang tidak sedikit agar mampu tumbuh dan bersaing dengan perusahaan sejenis. Nah, sebagai owner, modal yang Anda miliki setidaknya sudah cukup untuk membayar kebutuhan dasar perusahaan. Sedangkan selebihnya, bisa Anda peroleh dari para investor yang bersedia menanamkan modalnya pada bisnis startup yang sedang Anda persiapkan.

Akan tetapi perlu Anda ingat, bahwa untuk mendapatkan kepercayaan dari para investor bukanlah sebuah perkara yang mudah. Anda harus belajar bagaimana kiat-kiat menarik investor pada bisnis startup yang sedang Anda jalankan. Salah satu poin penting dalam menarik investor adalah membangun relasi yang kuat. Jika ini sudah Anda lakukan, maka sudah tidak sulit lagi untuk mendapatkan investor untuk bisnis startup Anda.

  1. Menentukan lokasi perusahaan

Tidak sedikit bisnis startup yang baru saja berdiri kemudian tumbang hanya karena masalah lokasi perusahaan yang kurang menguntungkan. Yah, ini juga harusnya menjadi pertimbangan awal ketika Anda ingin membangun bisnis startup. Karena pada dasarnya, lokasi perusahaan akan menentukan perkembangan bisnis Anda selanjutnya.

Sesuai dengan target pasar bisnis startup, rentang usia yang menjanjikan untuk konsumen bisnis harusnya berusia di bawah 40 tahun dan pastinya melek teknologi. Kategori ini tentu sangat sesuai untuk penduduk di kota-kota besar. Nah, atas dasar inilah, mengapa perkotaan adalah lokasi untuk membangun perusahaan yang paling ideal.

  1. Mencari Co-Founder

Untuk mengembangkan sebuah perusahaan startup yang dibangun mulai dari nol (0), pada dasarnya tidak akan mudah dan pastinya Anda harus membutuhkan seseorang untuk membangunnya bersama-sama. Maka dari itu, carilah co-founder (wakil) yang berasal dari lingkungan yang terdekat dengan Anda. Bisa dari teman seperjuangan ataupun orang lain yang mungkin pernah menjadi kerjasama dengan Anda sebelumnya. Dengan begitu, visi perusahaan startup Anda akan menjadi lebih mudah tercapai.

  1. Berkolaborasi-lah!

Jangan pernah menutup diri Anda untuk melakukan kolaborasi dengan para relasi bisnis Anda, apalagi jika perusahaan startup yang Anda bangun masih tergolong baru. Kolaborasi sejatinya diperlukan untuk membangun dan mengembangkan bisnis menjadi lebih cepat mencapai kesuksesan. Kolaborasi ini bisa Anda lakukan dengan founder startup lain, programmer ataupun freelancer profesional.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Cara Membuat Bisnis Startup Agar Sukses dan Berkembang"