5 Manfaat Mainan Lilin untuk Si Kecil

No comment 120 views

Ada banyak sekali mainan yang bisa orang tua berikan untuk mendukung proses belajar si kecil, salah satunya adalah mainan lilin (clay). Mainan yang dibentuk seperti lilin ini memiliki corak warna yang beragam, mulai dari merah, hijau, kuning dan sebagainya. Sehingga sangat menarik bagi si kecil untuk memainkannya. Teksturnya juga sangat lembut, loh! Sehingga sangat memudahkan si kecil untuk membentuknya menjadi rupa-rupa seperti yang ada dalam imajinasinya.

5 Manfaat Mainan Lilin untuk Si Kecil

Oia, ada beberapa merek mainan lilin yang cukup terkenal dan akrab di telinga kita. Pastinya, Anda pun sudah tau itu, bukan! Lilin mainan ini pastinya sangat aman dimainkan oleh si kecil. Sebab, bahan-bahan pembuatan lilin mainan tersebut menggunakan bahan-bahan yang mungkin juga ada di dapur Anda, seperti tepung terigu, minyak garam dan ditambah dengan pewarna makanan untuk menciptakan warna-warna yang di sukai oleh anak-anak. Namun apakah mainan seperti ini benar-benar bermanfaat bagi si kecil? Nah! Untuk mengetahui jawabannya, berikut ulasan selengkapnya;

  1. Untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak

Meskipun ada sebagian orang tua enggan memberikan lilin mainan kepada anaknya, tentu dengan alasan tertentu. Namun perlu Anda ketahui bahwa bermain lilin mainan memiliki banyak manfaat terutama yang berkaitan dengan kreativitas dan imajinasi si kecil.

Hal ini dikarenakan lilin mainan sangat mudah dibentuk menjadi berbagai rupa. Sehingga anak pun lebih dengan leluasa membuat aneka bentuk yang ia sukai. Ia juga akan belajar bagaimana mengkombinasikan warna-warna yang digunakan pada lilin mainan, dan menyusunnya menjadi objek yang memiliki arti.

  1. Mengasah kemampuan motorik halus anak

Bermain lilin juga berguna untuk mengasah kemampuan motorik halus si kecil. Ini dikarenakan gerakan menekan, memotong, meratakan atau menggulung lilin, secara tidak langsung juga mengasah kemampuan motoriknya. Anak juga dapat belajar bagaimana mengembangkan ketangkasan dan kendali tangannya lewat pensil, kancing, gelas, gunting, dan sebagainya, yang menjadi alat bantu dalam permainan lilin.

  1. meningkatkan kemampuan literasi dan bahasa anak

Saat bermain lilin, Anda juga berkesempatan untuk melatih si kecil berdiskusi. Sambil si kecil fokus dengan mainannya, Anda dapat mengajaknya bercerita tentang hal-hal apa yang ia sukai dan yang tidak ia sukai. Percakapan sederhana ini dipercaya dapat membantu melatih kemampuan literasinya. Namun pastikan bahwa bahasa yang Anda gunakan dalam berdialog mudah diterima olehnya. Pancing juga si kecil dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengundang ia untuk bertanya kembali. Dengan begitu akan terjadi komunikasi dua arah yang menyenangkan.

  1. Mempersiapkan si Kecil belajar menulis

Bermain lilin juga dapat melatih si kecil untuk belajar menulis. Yah! Meskipun secara tidak langsung gerakan menjepit benda dengan telunjuk dan ibu jari saat bermain lilin mainan, dapat melatih jari-jemarinya menggenggam alat. Sehingga saat diperkenalkan dengan alat tulis sungguhan, ia tidak lagi kesusahan.

  1. Mengenalkan sesuatu yang bersifat ilmiah pada anak

Memperkenalkan unsur-unsur ilmiah pada anak tidak harus berkutat dengan rumus-rumus yang terkadang membuat Anda sendiri menjadi kebingungan. Nah, Anda hanya perlu bermain dengan anak melalui percobaan ilmiah yang bisa dilakukan dengan menggunakan lilin mainannya.

Caranya mudah, ajak si kecil untuk menambahkan air pada lilin mainannya, lalu dengan air tersebut lilin mainan perlahan akan berubah teksturnya menjadi lebih lembut. Nah, selanjutnya coba jelaskan kondisi yang terjadi pada lilin saat lilin diberi air tersebut dengan bahasa yang mudah di mengerti olehnya. Kemudian, ajak juga ia untuk memperhatikan, apa yang terjadi saat lilin yang sudah lembut tadi dibiarkan selama semalaman. Maka ia akan menemukan lilin tersebut kembali menjadi padat dan siap untuk digunakan lagi.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "5 Manfaat Mainan Lilin untuk Si Kecil"