Tips Memilih Rekening Tabungan Terbaik

No comment 48 views

Tips memilih tabungan tanpa biaya admin sepertinya bukanlah sebuah hal yang baru lagi. Kamu bisa menemukan banyak sekali artikel yang membahas tentang ini. Nah, di sini kami akan mengulasnya namun bukan hanya perkara ‘bebas biaya admin’ saja. Melainkan lebih luas lagi terutama, apa yang harus menjadi pertimbangan sebelum kamu membuka rekening tabungan.

Tips Memilih Rekening Tabungan Terbaik

Mengapa harus memiliki rekening tabungan?

Rekening tabungan dapat dikatakan sebagai suatu hal wajib yang dimiliki oleh setiap orang. Lewat rekening tabungan, Kamu dapat melakukan berbagai macam transaksi keuangan seperti menabung, menarik uang, melakukan transfer hingga hal-hal lain terkait pembayaran tagihan ataupun transaksi pembayaran di marketplace. Dengan adanya rekening tabungan, setidaknya dapat mengurangi sedikit kekhawatiran akan keamanan saat menyimpan uang. Sebab, uang yang sudah disetorkan ke rekening, menjadi tanggung jawab pihak bank untuk menyimpannya.

Nah, buat yang kamu yang belum begitu familiar dengan bank. Berikut ini adalah beberapa tips yang harus kamu pertimbangkan saat memilih rekening tabungan terbaik;

1. Pahami Kebutuhan

Saat Kamu akan membuka tabungan, pastikan Kamu telah mencari informasi mengenai jenis rekening tabungan apa yang kamu butuhkan terlebih dahulu. Sebab, di bank ada banyak sekali pilihan rekening tabungan yang bisa Kamu pilih. Mulai dari tabungan konvensional, tabungan berjangka, tabungan haji, tabungan anak, serta tabungan lainnya. Nah, dari sekian banyaknya jenis tabungan itu, tentu ada satu atau dua yang paling kamu butuhkan. Maka itu kamu harus memutuskannya terlebih dahulu.

2. Jumlah Setoran Awal

Perlu kamu ketahui bahwa terkait jumlah setoran awal, tentu tidak sama untuk tiap jenis rekeningnya. Bahkan setiap bank juga memiliki aturan yang berbeda mengenai jumlah setoran awal yang harus dibayarkan. Nah, untuk yang satu ini, kamu perlu mencari tahunya terlebih dahulu.  Syukur-syukur bisa mendapatkan jumlah setoran awal yang rendah. Dan hal penting lainnya, pastikan jumlah setoran awalnya masih dalam kapasitas finansialmu, Ya!

3. Biaya Administrasi Bulanan

Biaya admin bulanan memang menjadi poin penting saat memilih rekening tabungan. Biaya ini memang nilainya tidak besar, hanya saja akumulasinya bisa membuat perbedaan yang cukup ‘dompleng’ pada kondisi rekening kamu. Biaya admin yang dikenakan akan di potong langsung dari uang yang ada di tabungan kamu. Nominalnya tergantung dari bank dan juga jenis rekening yang kamu gunakan. Oia, perlu kamu ketahui bahwasanya ada beberapa bank yang menawarkan gratis biaya admin, salah satunya adalah HSBC.

4.  Jaminan Rekening Tabungan

Sebenarnya bank-bank yang ada di Indonesia sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Yang dijaminkan adalah simpanan dalam bentuk tabungan dan deposito. Namun untuk memastikannya, kamu bisa bertanya langsung pada CS bank terkait masalah jaminan rekening tabungan. Dengan adanya penjamin simpanan ini, kamu akan lebih tenang ketika menaruh uang di rekening tabungan. Jadi tak kala saldo kamu berkurang tanpa sebab yang jelas, maka penjamin inilah yang akan menanggung segala kerugian yang terjadi.

5. Saldo Minimal

Setiap bank punya aturan terkait saldo minimal. Saldo ini merupakan jumlah uang minimal yang harus ada di dalam rekening tabungan kamu dan sifatnya tidak bisa ditarik. Maka dari itu pilihlah rekening tabungan yang memiliki aturan saldo minimal paling kecil. Dengan begitu tidak banyak uang yang terendap, jika kamu hanya menjadikan rekening tabungan sebagai rekening sementara.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Tips Memilih Rekening Tabungan Terbaik"