Berbagai Keluhan Ibu Hamil di Trimester Kedua

No comment 33 views

Memasuki trimester kedua kehamilan, biasanya mulai banyak perubahan yang akan dirasakan oleh tubuh ibu hamil. Mulai dari bentuk perut yang semakin membesar, hingga timbulnya keluhan-keluhan baru yang kadang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Selain itu, keluhan di trimester awal seperti morning sickness dan kelelahan biasanya sudah berkurang. Namun ada satu hal lagi yang sebaiknya harus ibu waspadai. Rasa pusing pada ibu hamil saat trimester 2 biasanya akan muncul dan terjadi secara berulang-ulang. Ini jelas sangat merepotkan, karena dapat mempengaruhi mood dan berdampak pada kesehatan.

pusing pada ibu hamil saat trimester 2

Selain keluhan berupa pusing-pusing, ada hal-hal lain yang biasanya turut dirasakan ketika memasuki trimester kedua kehamilan. Diantaranya adalah;

1. Kram pada kaki

Keluhan pertama yang paling sering dirasakan saat hamil trimester 2 adalah kram pada kaki. Kram sering muncul secara tiba-tiba saat ibu hamil beraktifitas ataupun saat sedang beristirahat. Hingga saat ini belum ada jawaban pasti mengenai penyebab kram saat hamil. Namun kuat dugaan, bahwa kram bisa terjadi saat tubuh dalam kondisi kelelahan.

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya kurangi aktifitas berat yang dapat menyebabkan kelelahan. Selain itu ibu hamil juga perlu mengkonsumsi banyak cairan, kalsium dan juga magnesium yang diperoleh dari makanan dan suplemen. Dengan begitu dapat mengurangi resiko kram pada kaki.

2. Ambeien

Ambeien merupakan kondisi dimana pembuluh darah mengalami pelebaran. Kondisi ini bisa terjadi lantaran adanya peningkatan tekanan di daeraha anus karena rahim yang semakin membesar. Meskipun tidak semua ibu hamil yang tengah memasuki trimester 2 mengalami masalah ambeien. Namun kondisi ini tetap harus ibu waspadai. Sebab ambeian dapat membuat posisi duduk ataupun berbaring menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi ambeien yang terjadi di masa kehamilan, maka ibu hamil perlu duduk berendam selama 10 menit di dalam air hangat. Air hangat dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi bengkak akibat ambeien.

3. Nyeri dibagian punggung

Kondisi perut yang membesar dan ditambah lagi dengan peningkatan berat badan dapat menekan bagian punggung ibu hamil. Punggung yang tertekan secara terus menerus akan menimbulkan rasa nyeri, sehingga segala posisi tubuh menjadi serba tidak nyaman. Nyeri di punggung ini memang tidak dapat dihindari lagi, namun Anda bisa mengurangi dampak yang dirasakan dengan cara tidak menggunakan sepatu dengan hak yang tinggi, atau selalu dudu di bangku yang memiliki sandaran. Dengan begitu punggung Anda dapat ditopang dan tidak mendapatkan lebih banyak tekanan.

Begitu halnya dengan saat Anda tidur. Pastikan untuk tidak tidur dalam posisi telentang. Karena posisi ini hanya akan memberikan tekanan yang lebih berat pada punggung Anda. Sebaiknya, tidurlah dalam posisi miring dan bila perlu letakan bantal diantara dua kaki-kaki.

4. Kerontokan pada rambut

Di trimester kedua, Anda juga bisa mengalami permasalahan rambut rontok. Kondisi ini termasuk wajar, sebab saat hamil tubuh Anda akan mengalami defisiensi kalsium karena stok kalsium dalam tubuh Anda digunakan oleh janin untuk tumbuh kembangnya. Nah! untuk mencegah kerontokan yang lebih parah, pastikan Anda rutin mengkonsumsi suplemen yang dianjurkan oleh dokter kandungan. Dengan begitu masalah kerontokan rambut dapat dicegah.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Berbagai Keluhan Ibu Hamil di Trimester Kedua"