Berbagai Macam Pemicu Sakit Kepala

No comment 31 views

Sakit kepala merupakan kondisi kesehatan dimana kepala rasanya seperti berdenyut, nyeri, kepala seperti berputar-putar, hingga pada tingkat yang sangat parah seperti mau pecah. Kondisi ini biasanya terjadi pada kedua sisi kepala atau hanya sebagian kepala saja, atau yang dikenal juga dengan istilah migrain. Sebenarnya pemicu sakit kepala hingga saat ini masih jelas, namun menurut sejumlah penelitian, sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari tanda adanya sebuah penyakit, faktor genetik hingga pengaruh lingkungan yang terkadang membuat tubuh menjadi stres.

Pemicu Sakit Kepala

Pengobatan sakit kepala juga sebenarnya tidak sulit. Jika sakit kepala tidak dalam kondisi parah, Anda cukup mengkonsumsi obat-obatan pereda sakit kepala saja seperti Saridon. Obat ini mudah ditemui di apotik atau toko obat kepercayaan Anda. Efektifitasnya sebagai obat pereda sakit kepala memang sudah sangat teruji dan aman dikonsumsi karena sudah teregistrasi Badan POM. Oia, berbeda dengan obat pereda nyeri lainnya, Saridon tidak menimbulkan rasa kantuk. Sehingga aman diminum saat dalam berkendara.

Berbicara soal sakit kepala, selain pemicu yang sudah disebutkan diatas, sakit kepala juga bisa disebabkan oleh hal-hal berikut ini;

1. Mengkonsumsi kafein

Kafein dalam makanan atau minuman ternyata dapat mempengaruhi suplai darah ke otak. Apalagi bila seseorang yang tidak toleran terhadap kafein, kemudian secara tiba-tiba mengkonsumsi kafein, maka secara otomatis akan membuat aliran darah ke otak nya menjadi terganggu. Pada akhirnya orang tersebut dapat mengalami sakit kepala.

Begitu pula sebaliknya yang terjadi pada seseorang yang sudah terbiasa mengkonsumsi kafein, kemudian mendadak tidak mengkonsumsi kafein dalam rentang waktu tertentu. Aliran darah ke otaknya juga bisa saja terganggu. Karena kebiasaannya mengkonsumsi kafein telah mengubah kimiawi otak. Sehingga apabila ia tidak mengkonsumsi kafein sehari saja, maka otak langsung meresponnya dan membuat kepala menjadi terasa nyeri. Nah, jika sudah begini, ada baiknya untuk tetap menjaga porsi kafein, agar terhindar dari sakit kepala.

2. Aktivitas fisik yang intens

Selain konsumsi makanan dan minuman tertentu, sakit kepala juga bisa dipicu oleh aktifitas fisik yang terlalu intens. Olahraga yang berat seperti lari, angkat beban dan sebagainya dapat membuat aliran darah ke tengkorak mengalami peningkatan yang drastis. Akibatnya, kedua sisi kepala menjadi sakit berdenyut.

Sakit kepala jenis ini sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, paling hanya berlangsung selama beberapa jam. Namun bila mau reda lebih cepat, Anda bisa mengkonsumsi Saridon pereda sakit kepala dan istirahat setelahnya.

3. Kurang tidur

Porsi tidur yang kurang setiap harinya memang sering menjadi pemicu timbulnya sakit kepala. Hal ini dikarenakan kualitas tidur yang buruk sehingga mempengaruhi migrain. Orang yang sering bergadang biasanya paling sering mengalami sakit kepala seperti ini. Untuk penanganannya, Anda bisa hanya perlu beristirahat saja. Namun jika sakit kepala tidak kunjung mereda, maka mengkonsumsi obat pereda sakit kepala adalah solusi terbaiknya.

4. Perubahan hormon

Pemicu sakit kepala lainnya bisa dikarenakan perubahan hormon, terutama yang dialami oleh wanita. Misalnya pada saat menstruasi, menopause dan semacamnya. Peningkatan hormon secara drastis akan menimbulkan rasa nyeri di kepala.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "Berbagai Macam Pemicu Sakit Kepala"