4 Cara Mengobati Ketika Anak Terserang Demam

No comment 64 views

Demam merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang sering terjadi di masa kanak-kanak. Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan penanda/sinyal alami tubuh yang menunjukan bahwa tubuh sedang mengalami infeksi bakteri atau virus. Biasanya seorang anak baru dapat dikatakan demam, jika suhu tubuhnya sudah mencapai 38 derajat lebih. Dan jika sudah begini, maka harus dilakukan tindakan cepat untuk menurunkan panas demamnya.

Cara mengobati anak demam

Cara mengobati anak demam sebenarnya tidak sulit. Apalagi jika tidak ada penyakit yang serius yang menyertainya. Karena pada dasarnya demam bisa turun meskipun tanpa menggunakan obat medis. Lantas, bagaimana caranya menurunkan demam anak tanpa mengkonsumsi obat? Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan;

1. Banyak minum air

Sebagai sumber kehidupan, air juga merupakan asupan utama jika anak terserang demam. Ini adalah upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam anak tanpa harus minum obat. Air yang diminum berguna untuk menjaga kadar cairan tetap dalam kondisi yang cukup. Selain itu air juga berguna untuk merangsang sistem sekresi anak, sehingga ia menjadi lebih sering buang air kecil. Kondisi ini akan mempercepat penurunan suhu menjadi normal.

2. Mandi dan kompres air hangat

Banyak anggapan yang mengatakan jika saat si kecil demam, maka tidak dianjurkan untuk mandi. Menurut sejumlah pakar kesehatan anak, justru mandi dapat membantu mempercepat penurunan suhu dan menjaga tubuh agar selalu bersih dari kuman penyakit. Maka dari itu, orang tua tidak perlu menunda si kecil untuk mandi meskipun ia sedang demam. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah air yang digunakan untuk mandi sebaiknya adalah air hangat, tujuannya agar tubuh tidak “terkejut”. Oia, cara yang sama juga berlaku jika Anda ingin mengompres tubuhnya.

3. Tetap makan-makanan yang si kecil suka

Saat demam, sebenarnya tidak ada batasan si kecil soal makanan. Selama ia tidak menolaknya, maka berikan saja si kecil makanan yang ia sukai. Namun makanan pokok si kecil tetaplah yang terbaik. Maka sebisanya upayakan agar si kecil mau makan nasi, meskipun harus di iming-imingi dengan jajanan.

Email Autoresponder indonesia

Leave a reply "4 Cara Mengobati Ketika Anak Terserang Demam"